ADVERTISEMENT

5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan Glowing

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 08:00 WIB
5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan Glowing
Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance
Jakarta -

Masker wajah alami bisa dibuat sendiri dari makanan di sekitar kita. Ada banyak makanan yang kandungannya bikin kulit wajah sehat dan glowing. Intip daftarnya yuk!

Akhir pekan jadi waktu paling pas untuk memanjakan sekaligus merawat diri. Untuk kamu yang sedang merasa memiliki wajah kucel, kusam, dan tidak sehat, coba oleskan masker alami ke wajah.

Masker ini dibuat dari makanan yang mudah didapat di sekitar kita. Penggunaannya secara rutin sangat disarankan untuk mendapat hasil wajah yang sehat, lembap, dan glowing.

Apa saja makanan yang bagus dijadikan masker wajah alami? Berikut detikfood merangkumnya dari Eat This, Not That! (28/4/2020):

1. Madu

Terkenal dengan sifatnya yang menyembuhkan berbagai penyakit, madu tak hanya bisa dikonsumsi tapi juga dioleskan ke wajah sebagai masker alami. Teksturnya yang lengket ternyata bagus untuk melembapkan wajah.

Madu disebut humektan yang membantu kulit menyerap nutrisinya sekaligus mengunci kelembapan. Untuk kamu yang sedang berjerawat bisa memilih madu manuka karena sifat antibakterinya yang sangat bagus.

Cara memanfaatkan madu sebagai masker wajah sangat mudah dan praktis. Oleskan madu alami pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan sampai madu menetes/mencair, kemudian bersihkan.

2. Oatmeal

5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan GlowingOatmeal bisa diracik jadi masker wajah alami, tambahkan madu untuk dapatkan manfaat pelembap. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

Oat yang kerap jadi menu sarapan ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat masker wajah alami. Sebelumnya, oatmeal memang banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk perawatan wajah yang berfungsi menenangkan kulit yang iritasi atau mengurangi inflamasi kulit.

Oatmeal mengandung flavanoid, fenol, dan jenis polifenol bernama avenantramida yang semuanya memiliki sifat antiinflamasi. Oat paling bagus dimanfaatkan sebagai masker dalam kondisi sudah dihaluskan atau berupa tepung. Coba kombinasikan dengan madu untuk mendapat tambahan manfaat kelembapan.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa layaknya madu yang bisa dimanfaatkan secara luas untuk kesehatan. Selain dikonsumsi, minyak kelapa bisa dioleskan di kulit untuk berbagai perawatan.

Sebagai masker wajah, minyak kelapa memiliki sifat sangat melembapkan dan menyegarkan kulit karena kandungan antioksidan dan antijamurnya. Minyak kelapa juga bisa dijadikan pelembap pada kulit kering atau sensitif. Cara pakainya mudah, tinggal oleskan minyak kelapa langsung ke kulit wajah.

4. Bubuk kakao

5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan GlowingBubuk kakao bisa jadi masker wajah karena tinggi antioksidan. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance

Masker wajah alami selanjutnya adalah bubuk kakao yang identik sebagai bahan pembuatan kue atau minuman cokelat. Siapa sangka bubuk kakao adalah sumber antioksidan yang bagus untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Bubuk kakao juga mengandung sedikit kafein yang punya manfaat untuk menyehatkan kulit. Campurkan kakao atau bubuk kakao dengan minyak esensial favorit atau sedikit gula pasir untuk scrub badan maupun wajah hingga menghasilkan kulit yang bersih dan glowing.

5. Alpukat

Alpukat jadi buah primadona di kalangan pelaku hidup sehat. Alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami. Caranya cukup haluskan buah alpukat dan oleskan secara merata pada wajah.

Minyak alpukat memiliki sifat pelembap alami dan sangat mudah diserap ke kulit. Manfaat ini berasal dari kandungan lemak sehat yang kaya pada alpukat. Manfaatnya bisa memicu regenerasi kulit dan mengatasi masalah kulit kering, rusak akibat paparan sinar matahari, atau kulit sensitif.



Simak Video "Biar Nggak Bosen, Yuk Liburan Virtual Keliling Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT