5 Vitamin untuk Covid Gampang Didapat dari Bahan Makanan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 08 Feb 2022 15:30 WIB
Manfaat Sehat Brokoli untuk Tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Vitamin untuk Covid ada 5 jenis. Semuanya bisa didapat dari sumber alami yaitu konsumsi beberapa jenis makanan. Apa saja jenis vitamin dan sumber makanannya?

Semakin berkembangnya mutasi virus Covid-19, maka penting bagi setiap orang untuk menguatkan daya tahan tubuhnya. Dengan kondisi daya tahan tubuh yang kuat, secara alami tubuh bisa 'menyerang' datangnya virus.

Mengutip Florida International University (23/11/2020), Cristina Palacios selaku professor diet dan gizi mengatakan asupan suplemen dan makanan kaya vitamin tertentu sangat penting di tengah pandemi Covid-19.

"Seseorang yang memiliki status gizi lebih baik, dapat melawan penyakit lebih baik daripada yang lain," kata Palacios. Ia menekankan kalau secara umum, nutrisi mempengaruhi seluruh tubuh.

"Semua proses tubuh membutuhkan enzim, dan banyak vitamin dan mineral membantu enzim bekerja lebih baik. Ada pepatah, 'Kita adalah apa yang kita makan.' Itu benar. Jika Anda ingin sehat, Anda harus mengonsumsi nutrisi tertentu," lanjutnya.

Awal tahun 2020, Palacios berkolaborasi dengan tim ahli internasional mengembangkan panduan yang diterbitkan dalam jurnal resmi Latin American Society of Nutrition (SLAN). Panduan ini berisi vitamin untuk Covid dan sumber makanannya.

Berikut daftarnya:


1. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang lekat dengan fungsi menjaga sistem daya tahan tubuh. Palacios mengatakan vitamin C punya peran penting untuk kesehatan leukosit, jenis sel darah putih yang bantu melawan infeksi.

Menurutnya sangat penting mengasup vitamin C di tengah pandemi Covid-19. Ia merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi vitamin untuk Covid ini dalam dosis 1000 mg sebanyak 2 kali sehari.

Ia juga menyarankan konsumsi makanan tinggi vitamin C. Selain jeruk dan kelompok buah citrus lainnya, vitamin untuk covid ini bisa didapat dari asupan stroberi, tomat, brokoli, ubi, bayam, jambu biji, buah kiwi, paprika, hingga pepaya.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas

2. Vitamin D

5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan SalmonIkan salmon, salah satu sumber vitamin D yang bagus dikonsumsi rutin Foto: iStock

Vitamin untuk Covid juga termasuk vitamin D. Jika biasanya vitamin D didapat dari paparan sinar matahari, kali ini Palacios mengatakan konsumsi suplemen vitamin D adalah ide bagus. Ia menambahkan, penelitian menunjukkan kalau asupan vitamin D yang rendah berkaitan dengan risiko terserang masalah pernapasan pada orang dewasa dan anak-anak.

Beberapa penelitian juga mengatakan kekurangan asupan vitamin D menempatkan seseorang pada risiko yang lebih besar terinfeksi virus Covid-19. Suplemen vitamin D berisi 1000 IU bisa dikonsumsi setiap hari, saran Palacios.

Selain itu, konsumsi juga makanan tinggi vitamin D seperti ikan salmon, susu yang difortifikasi vitamin D, telur, jamur, tuna kalengan, hingga sereal yang difortifikasi vitamin D. Berikut daftarnya.

Baca Juga: 6 Makanan Sumber Vitamin D Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Baca lagi halaman selanjutnya untuk tahu vitamin untuk Covid berikut sumber makanannya.