12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 25 Mar 2021 06:00 WIB
12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Murilo Gualda
Jakarta -

Pandemi Covid-19 belum berakhir, karenanya penting menjaga kekuatan imun tubuh. Rutin konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini bantu imun menjadi semakin kuat.

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dikenal dengan asam askorbat. Kandungan ini merupakan vitamin larut dalam air dan memiliki manfaat untuk membantu menguatkan imunitas, memproduksi kolagen tubuh, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Vitamin C banyak ditemukan pada makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Menurut Perpustakaan Nasional Kedokteran Amerika Serikat (NLM), kekurangan vitamin C yang parah bisa menyebabkan penyakit skorbut.

Selain itu, dengan memenuhi jumlah 90 miligram vitamin C setiap hari seperti yang disarankan juga akan membantu tubuh memiliki imunitas yang lebih kuat lagi. Imunitas ini memiliki fungsi yang cukup penting, terutama pada masa pandemi yang belum berakhir dan penyakit yang silih berganti.

Berikut ini ada 12 makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti dilansir dari Livestrong (21/3) :

1. Jambu Biji

12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Murilo Gualda

Hidup di daerah tropis menjadi keuntungan besar yang dimiliki masyarakat Indonesia. Banyak tanaman tumbuh subur di daerah tropis seperti di Indonesia. Salah satunya jambu biji.

Jambu biji mengandung asam askorbat yang bahkan dapat memenuhi 419% kebutuhan harian vitamin C. Segelas smoothies jambu biji secara total dapat memberikan asupan vitamin C sebanyak 376.7 miligram.

2. Brokoli

Superfod ini juga tak kalah menyehatkan. Dari konsumsi 128 gram brokoli, kamu bisa mendapatkan 101.2 miligram vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang disarankan.

Bisa dikatakan bahwa sebatang brokoli akan cukup untuk memenuhi 112% kebutuhan vitamin C harian. Caranya konsumsinya cukup mudah, brokoli bisa diolah dengan cara ditumis atau diblansir untuk dimakan setengah segar.

3. Jeruk

12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas12 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Murilo Gualda

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk sudah bukan rahasia lagi. Bahkan ketika mendengar vitamin C sebagian besar orang akan langsung terpikirkan jeruk.

Secangkir jus jeruk murni akan cukup membantu untuk memenuhi 106% kebutuhan vitamin C harian yang disarankan. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C yang bisa didapatkan dalam segelas jus jeruk sebanyak 95.8 miligram.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com