7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 07 Des 2021 05:00 WIB
7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

6. Andalkan asupan fitonutrien

7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh7 Tips Pola Makan Sehat dari Ahli Gizi untuk Atasi Peradangan Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

Fitonutrien adalah senyawa aktif yang ditemukan dalam makanan nabati. Langevin menjelaskan, konsumsi fitonutrien bisa mengurangi inflamasi.

Selain itu, fitonutrien juga memiliki sifat antimikroba, antioksidan, anti-aging, dan memiliki efek pelindung saraf. Kamu bisa memenuhi kebutuhan fitonutrien dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur berwarna gelap. Beberapa yang bisa jadi andalan adalah wortel, labu, ubi, paprika, mangga, melon, buah jeruk, bayam, brokoli dan selada.

7. Batasi konsumsi minyak olahan
Minyak sayur seperti minyak canola, kedelai, jagung, hingga bunga matahari mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-6 yang tinggi. Jenis lemak ini memang bagus untuk kesehatan, asal dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya.

Jika berlebih, konsumsi asam lemak tak jenuh ganda omega-6 bisa memicu inflamasi dalam tubuh. Meski berbagai studi mengenai hal ini masih berlangsung, para ahli kesehatan menyarankan batasi konsumsi minyak olahan dan beralih pada minyak yang lebih sehat.

Polgreen merekomendasikan penggunaan minyak olive (zaitun), minyak alpukat, atau minyak kelapa. Jenis minyak ini dimanfaatkan Polgreen untuk memasak makanannya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Ahli Sebut Tubuh Manusia Tak Butuh Minyak tetapi Lemak"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com