Benarkah Minum Teh Bisa Bikin Bahagia? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 01 Des 2021 05:00 WIB
Ilustrasi teko teh Foto: Getty Images/Six_Characters
Jakarta -

Selain kopi, teh juga menjadi salah satu minuman hangat populer di pagi hari. Tak hanya menyehatkan, para ahli mengungkap minum teh bisa bikin bahagia. Begini penjelasannya.

Saat cuaca dingin atau ketika butuh kehangatan di pagi hari, minum teh kerap jadi pilihan. Secangkir teh panas cocok untuk membangkitkan semangat maupun menghangatkan tubuh.

Tak sekadar minuman hangat, teh juga dinilai oleh para ahli kesehatan sebagai minuman yang begitu berkhasiat. Komponen aktif alami pada teh memiliki manfaatnya masing-masing berdasarkan jenis teh yang diseduh dan dikonsumsi.

Menurut beberapa penelitian terdahulu yang pernah dilakukan, di dalam teh ditemukan kandungan berbagai fitonutrien dan komponen alami yang baik untuk menjaga kesehatan hingga mencegah berbagai penyakit kronis. Bahkan jenis teh hijau dinilai mampu melawan virus hingga mencegah perkembangan penyakit kanker.

Baca juga: Bagus Dikonsumsi Rutin, Ini 6 Cara Teh Hijau Bikin Panjang Umur!

Ilustrasi Teh Hijau Foto: shutterstock

Mengutip Karma Kettle (18/8) sebuah penelitian mengatakan bahwa daun teh khususnya teh hijau, memiliki kandungan flavonoid yang sangat kaya. Kandungan bioaktif tersebut mampu mengatasi stres oksidatif, meredakan inflamasi, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Sejak masa nenek moyang hingga zaman modern, teh dikenal sebagai obat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan pada tubuh. Bahkan menggabungkan teh dengan beberapa bahan rempah tertentu juga dipercaya mampu meningkatkan khasiatnya agar semakin dahsyat.

Minum teh disebut mampu memberikan efek melegakan dan menenangkan. Saat diseduh, daun teh juga melepaskan asam amino yang ketika masuk ke dalam tubuh berfungsi sebagai pereda stres alami.

Kandungan asam amino ini biasa dikenal dengan nama theanin. Theanin telah diamati pada berbagai penelitian dan terbukti bahwa partisipan yang mengonsumsi theanin secara konsisten dan teratur mengalami penurunan tingkat stres.

Baca juga: Tips Diet Shanty Denny yang Turun BB 14 Kg, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ilustrasi teko tehFoto: Getty Images/Six_Characters

Saat dikombinasikan dengan kafein yang juga terkandung pada daun teh secara alami, theanin mampu membantu aktivitas otak dengan cara membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Menariknya, kandungan theanin ini hanya ditemukan pada teh-teh yang dikemas dan dipasarkan dan pada beberapa jenis jamur yang justru tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari theanin dan flavonoid dari daun teh secara efektif. Pertama, seduh daun teh menggunakan air panas dengan suhu berkisar antara 80 hingga 100 derajat celcius.

Kamu juga diperbolehkan menambahkan susu ke dalam secangkir teh yang akan dinikmati. Tetapi pastikan untuk menuangkan susu ke dalam secangkir teh yang sudah benar-benar terseduh dengan optimal. Menuang susu terlebih dahulu atau menuangkan bertepatan dengan saat menyeduh akan membuat daun teh tidak diseduh dengan sempurna.

Baca juga: Usil! Majikan Ini 'Prank' ART dengan Berikan Kerupuk Kulit Babi



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com