Bagus Dikonsumsi Rutin, Ini 6 Cara Teh Hijau Bikin Panjang Umur!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 13 Nov 2021 05:00 WIB
teh hijau Foto: Thinkstock
Jakarta -

Teh hijau dikenal dengan manfaat kesehatannya yang begitu dahsyat. Ternyata begini enam cara ajaib teh hijau hingga bisa membuat seseorang panjang umur.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh favorit yang kerap menjadi andalan dibandingkan jenis teh lainnya. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang terdapat dalam teh hijau membuat jenis teh ini memiliki khasiat kesehatan yang sangat tinggi.

Hal ini juga diungkap langsung oleh para peneliti yang menemukan semakin banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh selama terus menerus melakukan penelitian terhadap teh hijau. Komponen dan molekul yang ada di dalamnya ditemukan sangat bermanfaat saat berinteraksi dengan tubuh.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi teh hijau rutin setiap hari dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Bahkan akibat manfaatnya tersebut, beberapa ahli mengungkapkan teh hijau bisa membantu memberi umur panjang.

Berikut ini 6 cara ajaib teh hijau membantu panjang umur:

green tea - teh hijauFoto: iStock

1. Melawan Virus dan Bakteri

Jauh sebelum ada antibiotik, teh hijau dipercaya sebagai bahan pengobatan alternatif yang dapat membantu melawan serangan virus dan bakteri di dalam tubuh. Teh hijau bahkan juga digunakan untuk menggantikan beberapa jenis antibiotik yang tidak lagi efektif.

Melalui publikasi pada Harvard Health Publishing, diungkap bahwa antibiotik yang tidak lagi efektif justru membuat bakteri, parasit dan virus menjadi resisten. Di sinilah konsumsi teh hijau akan masuk dan membantu tubuh untuk melawan berbagai ancaman kesehatan.

Selain itu pada penelitian yang juga dilakukan pada tahun 2008 lalu ditemukan manfaat yang lebih efektif daripada mengonsumsi teh hijau sendirian. Konsumsi teh hijau saat mengonsumsi antibiotik juga dinilai dapat meningkatkan kemampuan untuk membunuh bakteri yang lebih signifikan lagi.

Baca juga: Perut Buncit? Coba Terapkan 5 Pola Makan untuk Perut Rata yang Gampang Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com