Bikin Panjang Umur, 8 Makanan Ini Jadi Santapan Orang Tertua di Dunia

Devi Setya - detikFood Rabu, 27 Okt 2021 07:00 WIB
Sarapan Orang Tertua di Dunia Foto: BrightSide
Jakarta -

Memiliki usia panjang bahkan melewati angka 100 tahun adalah sebuah anugerah. Pola makan dan gaya hidup menjadi rahasia panjang umur orang-orang tertua di dunia.

Faktor kesehatan menjadi salah satu penentu seseorang bisa berumur panjang. Selain itu, pola makan juga memberi pengaruh penting pada umur seseorang. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi maka semakin besar juga harapan umur panjang.

Ketika bertemu orang-orang dengan usia di atas 100 tahun atau orang-orang tertua di dunia, pasti pertanyaan yang terucap adalah seputar pola makan. Kebanyakan dari kita berharap untuk mendengar jawaban dari para orang tua ini yang mencakup makanan buah-buahan, sayuran, atau diet seimbang secara umum.

Padahal tidak selalu makanan sehat, beberapa orang tertua di dunia bahkan punya pola makan yang terbilang tidak sehat. Dilansir dari Bright Side (26/10) makanan orang-orang tertua di dunia dikupas secara gamblang.

Ada yang setiap hari menyantap telur mentah, sushi hingga minuman soda. Namun orang-orang ini punya umur panjang bahkan lebih dari 100 tahun.

Berikut makanan yang jadi santapan rutin orang-orang tertua di dunia:

1. Daging asap

Susannah Mushatt Jones adalah salah satu wanita dengan usia terpanjang di dunia. Ia meninggal di usia 116 tahun. Semasa hidupnya, Susannah diketahui selalu menyantap daging asap setiap hari.

Bukan hanya daging asap, wanita ini juga melengkapi menu hariannya dengan telur dan bubur jagung sebagai santapan saat sarapan. Keponakannya mengatakan kalau Susannah kerap menyimpan potongan daging asap yang dibungkus menggunakan serbet lalu ditaruh dalam saku pakaiannya.

Ketika lapar atau butuh camilan, Susannah akan langsung melahap daging asap ini. Selain rutin makan daging asap setiap hari, Susannah juga diketahui punya pola tidur yang teratur. Ia tidur selama 10 jam setiap hari yang juga disinyalir menjadi faktor yang mempengaruhi usianya.

Penjelasan mengenai apakah aman mengonsumsi putih telur mentah.Bikin Panjang Umur, 8 Makanan Ini Jadi Santapan Orang Tertua di Dunia Foto: Getty Images/iStockphoto

2. Telur mentah

Emma Morano diketahui lahir pada 1899 dan ia hidup hingga usia 116 tahun. Sejak masih remaja, Emma punya pola makan unik karena menyantap telur mentah setiap hari. Setidaknya selama 90 tahun Emma rutin makan telur mentah.

Dalam sehari Emma menyiapkan lima butir telur sebagai menu makanannya. Dua butir telur dimakan mentah sementara tiga butir telur dimasak. Selain telur, Emma juga diketahui kerap ngemil biskuit saat merasa lapar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com