Masih Sehat di Usia 111 Tahun, Kakek Ini Ungkap Rahasianya

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 10:30 WIB
Rahasia umur panjang kakek 111 tahun di Malaysia. Ternyata sangat menyukai labu kukus. Foto: New Strait Times
Jakarta -

Seorang kakek masih tampak sehat di usia 111 tahun. Ia juga dinobatkan menjadi orang tertua di Malaysia. Kira-kira apa saja rahasia umur panjangnya?

Rahasia umur panjang seseorang bisa dikaitkan dengan pola makan yang dijalani selama ini. Seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang bisa membuat sebagian orang di dunia memiliki usia lebih dari 100 tahun.

Orang tertua di dunia juga dapat ditemui di Malaysia. Kakek bernama Seliman Bandang yang tinggal di Sarawak, Malaysia ini diketahui telah menginjak usia 111 tahun, seperti dilansir dari New Strait Times (28/8).

Baca Juga: 5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea

Rahasia umur panjang kakek 111 tahun di Malaysia. Ternyata sangat menyukai labu kukus.Rahasia umur panjang kakek 111 tahun di Malaysia. Ternyata sangat menyukai labu kukus. Foto: New Strait Times

Kakek berusia 111 tahun ini diketahui lahir pada 21 Maret 1910. Ia seringkali ditanyai mengenai rahasia umur panjangnya tersebut.

Namun, ia mengaku kalau hanya menjalani kehidupan seperti biasa dan tidak ada yang spesial sehingga menjadi rahasia. Ia mengungkapkan kalau dirinya selama ini selalu mengatur pola pikirnya. Kakek Seliman terus memiliki pikiran yang positif sehingga dirinya tak mudah merasakan stres.

"Saya sudah hidup lebih dari 1 abad dan orang-orang kerap menanyakan rahasianya atau hal hebat apa dalam kehidupan saya. Tapi, saya tidak benar-benar memiliki rahasia, saya hanya hidup senang dan bebas dari rasa stres," ungkap kakek Seliman.

Baca Juga: Lama Antar Makanan, 5 Driver Ojol Ini Dilempar Kuah Sup hingga Kena Suspend

Kakek Seliman juga mengungkapkan kalau dirinya selalu menikmati kehidupannya. Ia selalu menyukai saat bersama keluarganya dan sangat bersyukur karena bisa melihat mereka berkembang.

Michael sang cucu juga mengungkapkan kalau kakeknya itu hidup dengan sederhana. Sang kakek selalu tidur tepat waktu pada pukul 9 malam dan bangun tidur sekitar pukul 7 pagi.

Rahasia umur panjang kakek 111 tahun di Malaysia. Ternyata sangat menyukai labu kukus.Rahasia umur panjang kakek 111 tahun di Malaysia. Ternyata sangat menyukai labu kukus. Foto: iStock

Kakeknya juga selalu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu risiko asam urat. "Selama ini tidak ada penyakit serius kecuali asam urat. Makanya, kami (keluarga) sangat menjaga pola makannya," ujar Michael.

Michael juga menyebutkan makanan yang menjadi favorit kakeknya itu. Kakek Seliman ternyata menyukai pansuh ikan sultan yang merupakan olahan ikan masak bambu khas Malaysia. Ada juga labu kukus yang disukai oleh kakek Seliman.

Baca Juga: Viral Pegawai Resto Bantu Lansia Aduk Makanan, Dibalas dengan Senyum Lebar!



Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com