5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 03 Sep 2021 14:30 WIB
5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea Foto: Istimewa
Jakarta -

Minuman soju hampir selalu muncul dalam adegan di drama Korea. Minuman soju ini berhasil bikin penasaran masyarakat Indonesia. Ternyata begini fakta tentang soju.

Soju merupakan minuman beralkohol khas Korea Selatan. Minuman ini dibuat dengan bahan utama berupa beras. Selain itu soju juga bisa dibuat dengan ubi, gandum, barley dan tapioka sebagai pengganti beras.

Di Korea Selatan minuman ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai gerai-gerai makanan, restoran, hingga minimarket terdekat. Tidak boleh sembarangan, orang Korea Selatan yang ingin minum soju juga diwajibkan telah berusia 19 tahun ke atas.

Soju sendiri biasanya disajikan untuk minuman pendamping ayam goreng hingga minuman untuk membangun keakraban bersama teman-teman. Di balik kehadirannya yang bikin penasaran dalam drama Korea, ternyata soju punya fakta-fakta di baliknya.

Berikut ini 5 fakta minuman soju asal Korea Selatan:

5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea Foto: Istimewa

1. Minuman Soju Rasa

Minuman soju yang original diketahui memiliki rasa clean dan netral sehingga enak dinikmati bersama camilan. Warnanya transparan, namun agak keruh. Soju memiliki rasa manis dan tak terlalu tajam.

Di Korea Selatan sendiri, soju diproduksi dalam berbagai varian rasa dan merk minuman soju. Misalnya dari merek Soju Chum Churum ada rasa buah peach, lemon, anggur, strawberry, hingga yakult.

Untuk menambah rasanya, orang Korea Selatan juga banyak yang menambahkan soju ke dalan minuman beralkohol lainnya. Salah satunya adalah soju bomb yang terbuat dari campuran soju dan beer.

Baca juga: Kadar Alkohol Soju dan Tradisi Minum di Korea

2. Kandungan Alkohol Soju

Perbedaan minuman soju tersebut diklasifikasikan berdasarkan kadar alkoholnya. Soju memiliki kandungan alkohol sekitar 20-40%. Biasanya, soju dengan varian rasa buah memiliki kadar alkohol sekitar 16%. Untuk botol soju dengan varian original bisa mengandung hingga 22% dan soju tradisional kadar alkoholnya dapat mencapai 40%.

Kandungan alkohol padasoju membuatsoju dikategorikan sebagai minuman yang tidak bisa diberi label halal. Sebagai minuman beralkoholsoju menjadi minuman yang dihindari oleh banyak Muslim di Korea Selatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Demam Permen Dalgona Gara-gara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com