Kadar Alkohol Soju dan Tradisi Minum di Korea

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 18:30 WIB
Soju halal Bandung Mojiso Foto: (Siti Fatimah/detikcom)
Jakarta -

Soju merupakan minuman khas Korea beralkohol dengan tampilan jernih dan tekstur agak kental serta sedikit manis pada bagian akhirnya. Kira-kira berapa kadar alkohol soju?

Seperti yang dikutip dari Korea Joongang Daily, minuman ini mulai dikenal pada abad ke-13 saat dinasti Goryeo. Saat itu bangsa Mongol yang melakukan ekspansi ke semenanjung Korea memperkenalkan teknik distilasi atau penyulingan ala Persia.

Karena soju disuling, ia digambarkan mirip dengan vodka. Akan tetapi kadar alkohol soju lebih rendah jika dibandingkan dengan wine. Dilansir dalam SCMP, kadar alkohol soju adalah 20 hingga 24 persen, tetapi itu masih lebih rendah dibandingkan dengan vodka yang 40 persen.

Soju secara tradisional dibuat dari campuran beras dan biji-bijian, tetapi antara tahun 1960-an dan 90-an, saat pasokan beras berkurang saat perang Korea, pati lain seperti ubi jalar juga bisa digunakan. Pemerintah Korsel saat itu bahkan mengeluarkan larangan penyulingan dari beras yang baru dicabut 30 tahun kemudian.

Soju halal Bandung MojisoSoju halal Bandung Mojiso Foto: (Siti Fatimah/detikcom)

Dari akhir tahun 90-an, beberapa produsen menyuling soju buatan tangan yang lebih premium yang lebih tinggi alkoholnya dan dibuat dari biji-bijian daripada beras. Andong dan Hwayo adalah merek yang harus dicari, soju mereka mengandung alkohol hingga 53 persen.

Beberapa soju modern diberi tambahan lemon, apel dan melon sangat populer. Minum soju menjadi salah satu kegiatan interaktif karena orang Korea tidak biasa melayani diri sendiri atau minum soju sendirian.

Mereka bergiliran menuang, biasanya yang lebih muda menuangkan untuk yang lebih tua sebagai tanda hormat, menggunakan kedua tangan lalu mereka bersulang, minum dan memulai proses dari awal lagi.

Jinro Soju menjadi salah satu merek soju terlaris di Korea Selatan. Lebih dari 71 juta kemasan dijual secara Internasional pada tahun 2004.

Sebuah laporan oleh Statistic Korea menemukan bahwa rata-rata orang Korea Selatan yang berusia di atas 20 tahun mengonsumsi 87 botol soju setahun pada tahun 2016. Selain karena kadar alkohol soju yang tidak terlalu tinggi, namun rasanya juga enak.



Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)