5 Fakta Minuman Soju Asal Korea Selatan

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 17:38 WIB
Soju Yakult Minuman Soju/Foto: Istimewa
Jakarta -

Minuman soju hampir menghiasi setiap scene di drama Korea. Tentu, sebagai masyarakat Indonesia kita penasaran pada minuman soju ini, misalnya rasa atau harganya.

Soju merupakan minuman beralkohol khas Korea Selatan. Minuman Soju dibuat dengan bahan utamanya, yakni beras. Selain itu, soju juga bisa dibuat menggunakan ubi, gandum, barley dan tapioka sebagai pengganti beras.

Minuman SojuMinuman Soju Foto: Istock

Berikut fakta minuman soju:

1. Minuman Soju Rasa

Minuman soju diketahui memiliki rasa clean dan netral sehingga enak dinikmati bersama camilan. Warnanya mirip seperti vodka namun memiliki rasa manis dan tak terlalu tajam.

Di Korea Selatan sendiri, ada berbagai varian rasa minuman soju, misalnya dari merek Soju Chum Churum ada rasa buah peach, lemon, anggur, strawberry, hingga Yakult.

2. Minuman Soju Kandungan Alkohol

Soju memiliki kandungan alkohol sekitar 20-40%. Perbedaan minuman soju tersebut diklasifikasikan berdasarkan kadar alkoholnya.

Biasanya, soju dengan rasa buah memiliki kadar alkohol sekitar 16%. Untuk botol soju biasa mengandung hingga 22% dan minuman soju tradisional kadar alkoholnya mencapai 40%.

Maka dari itu, hingga saat ini minuman soju tidak memiliki label halal. Pasalnya mengandung alkohol.

3. Harga Minuman Soju

Harga minuman soju di Korea cukup terjangkau, yakni cukup dengan 1.000-3.000 won (Rp 11.000-34.000). Namun, bila ingin membeli online maka harga yang dijual sekitar Rp 60.000 hingga Rp 100.000 per botol.

Minuman SojuMinuman Soju Foto: Istock

4. Manfaat Minuman Soju

Manfaat soju untuk wajah disebut-sebut bisa memperlambat penuaan. Pasalnya, minuman beralkohol memiliki pH yang seimbang sehingga kulit wajah tidak terlalu kering dan berminyak.

5. Minuman Soju Terlaris di Dunia

Minuman soju menjadi salah satu minuman terlaris di dunia. Tercatat pada tahun 2011, soju buatan Jinro atau produsen soju terbesar menempati peringkat satu merek minuman beralkohol terbaik di dunia.



Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)