Unik! Soju Ini Dibuat Versi Halal untuk Kaum Muslim

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 29 Agu 2020 19:00 WIB
Soju halal Foto: Instagram @warungminiummik
Jakarta -

Selama ini soju dikenal sebagai minuman beralkohol. Namun, di Bandung, Jawa Barat ada yang memproduksi soju versi halal yang bisa dinikmati oleh umat Muslim.

Soju merupakan minuman beralkohol yang berasal dari Korea Selatan. Soju terbuat dari beras yang difermentasi. Sebagai pengganti beras, soju juga bisa dibuat dari ubi, gandum, tapioka hingga barley.

Soju menjadi populer karena banyak muncul di drama-drama Korea. Karena mengandung alkohol, mengonsumsi soju bisa menyebabkan efek mabuk. Bagi umat Muslim, mengonsumsi soju sangat diharamkan.

Soju halalSoju halal Foto: Instagram @warungminiummik

Baca Juga :5 Fakta Minuman Soju Asal Korea Selatan

Namun, kini ada soju yang dibuat dengan versi halal. Soju versi halal tersebut merupakan produk dari Warung Mini Ummik yang berbasis di Bandung, Jawa Barat. Jangan khawatir, minuman tersebut dibuat tanpa campuran alkohol. Soju halal tersebut dipromosikan melalui Instagram resmi @warungminiummik.

"Soju tapi HALAL? Hah emang ada?? Ada donggg jadi ini tanpa alkohol ya gaes jadi 100% HALAL, rasanya refreshing banget, pas pertama liat botolnya gemes bgt kirain minuman import taunya produk lokal cuy ! Ini ada varian rasanya juga ga terlalu bersoda lebih ke fresh dan nyegerin rasanya," tulisnya pada caption.

Penamaan soju halal pada produk minuman tersebut ternyata menimbulkan pro dan kontra. Tak sedikit netizen yang beranggapan bahwa penamaan 'soju' kurang tepat, karena selama ini minuman tersebut dikenal sebagai minuman beralkohol.

Soju halalSoju halal Foto: Instagram @warungminiummik

Karena itulah, pemilik bisnis minuman ini mengganti nama produknya dengan sebutan Mojiso yang singkatan dari Mojito Soju. Mojiso terbuat dari bahan-bahan yang halal seperti syrup, perisa buah, sparkling water dan daun mint.

Jadi, dapat dipastikan 100% bahwa produk minuman ini halal untuk dikonsumsi. Meski begitu, minuman ini tidak meninggalkan kesan Korea karena dikemas menggunakan botol kacang berwarna hijau, mirip seperti soju pada umumnya.

Tak disangka, produk minuman ini menjadi viral dan menarik perhatian netizen untuk membelinya. Untuk pemesanan bisa melalui Whatsapp dan Instagramnya @warungminiummik. Selain Mojiso, mereka juga menawarkan berbagai makanan khas Korea seperti Tteokbokki, Odeng, Corndog dan lainnya.

Baca Juga : Soju, Minuman Beralkohol Terlaris di Dunia



Simak Video "Bikin Laper: Review Nasi Kebuli hingga Ceker Mercon"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)