ADVERTISEMENT

5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Sedang Stress

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 01 Des 2021 06:00 WIB
5 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Stress
Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu
Jakarta -

Stress bisa datang kapan saja hingga membuat keseharian terganggu. Untuk mengatasinya, inilah lima makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat kamu sedang stress.

Stress merupakan bagian dari kehidupan manusia yang bisa dikendalikan. Stress merujuk pada reaksi tubuh terhadap situasi yang terlihat berbahaya atau sulit. Misalnya sebuah ancaman, tekanan, ataupun perubahan.

Stress seringkali disertai gejala emosi, fisik, kognitif, dan fisik. Misalnya pusing, jantung berdebar, berkeringat, sampai tidak nafsu makan.

Untuk mengatasinya sumber stress perlu dikelola. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tepat ternyata bisa membantu meredakan stress.

Makanan enak dan tinggi kalori kerap dipilih untuk 'balas dendam' menumpahkan stress. Namun makanan ini bukanlah yang terbaik. Hal ini disampaikan ahli gizi Melina Jampolis, seperti dikutip dari Livestrong (30/11/21).

Ia menyarankan fokus pada makanan padat nutrisi yang kaya kandungan lemak sehat, terutama asam lemak omega 3. Kemudian konsumsi juga sumber protein rendah lemak, vitamin B, dan makanan kaya magnesium untuk mengelola stress.

Ini dia 5 makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sedang stress:

1. Makanan tinggi serat

5 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Stress5 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Stress Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu

Selain bagus untuk diet, konsumsi makanan tinggi serat juga disarankan saat stress. Hal ini karena sifatnya bisa mencegah mood jadi buruk.

"Makanan tinggi serat bisa mencegah kenaikan dan penurunan gula darah yang cepat, yang dapat memperburuk stress dan meningkatkan kortisol," kata Dr. Jampolis.

Adapun makanan penyeimbang gula darah yang kaya serat meliputi buah-buahan, sayuran, kacang dan lentil, serta biji-bijian utuh seperti beras merah, oatmeal, dan gandum utuh.

Menu lain yang bisa dicoba adalah mashed potato, namun bikin dengan kulitnya supaya ada tambahan serat. Dr. Jampolis juga merekomendasikan tambahan sedikit bubuk kayu manis untuk rasa manis dan kandungan polifenol yang bersifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan.



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT