7 Makanan Ini Bantu Redakan Nyeri Haid, Cek Daftarnya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 06:00 WIB
Nyeri Haid Foto: iStock
Jakarta -

Rasa nyeri kerap dirasakan oleh setiap wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Untuk meredakan rasa nyeri haid, ada makanan yang bisa dikonsumsi para wanita.

Kondisi tidak nyaman seperti nyeri saat haid kerap dirasakan oleh para wanita di dunia ini setiap bulannya. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan mulai dari area perut, punggung, pinggang, hingga bagian paha.

Keram perut yang sering dirasakan saat haid dikarenakan otot rahim mengalami kontraksi. Tak hanya itu, gejala lain juga kerap dirasakan seperti mual dan sakit kepala.

Dilansir dari Miss Malini (12/8), ada makanan dan minuman yang dapat meredakan nyeri haid. Mulai dari minum banyak air putih hingga makan pisang.

Berikut 7 makanan dan minuman yang dapat meredakan nyeri haid:

1. Air Putih

Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasaminum air putih saat haid Foto: iStock

Air putih sangat penting dikonsumsi setiap harinya. Diketahui kalau setiap orang harus mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Salah satu manfaat minum air putih adalah untuk menghidrasi tubuh.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik ternyata bisa meringankan gejala nyeri haid tersebut. Kamu harus mengonsumsi air putih ini secara rutin untuk mengurangi gejala kembung yang juga kerap dirasakan saat haid. Air putih juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Pisang

Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini KeistimewaannyaPisang Foto: iStock

Buah-buahan juga harus rutin dikonsumsi untuk menyeimbangkan asupan harian. Buah juga dapat diajdikan alternatif meredakan nyeri haid, terutama buah pisang.

Karena pisang mengandung potasium, magnesium, dan vitamin B6 yang tinggi. Kandungan pada pisang tersebut dapat membantu mengurangi retensi air, kembung, mengatur pencernaan serta meningkatkan suasana hatimu.

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Aturan Makannya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com