Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Aturan Makannya

Devi Setya - detikFood Sabtu, 28 Agu 2021 10:00 WIB
Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Aturan Makannya Foto: Getty Images/iStockphoto/AtlasStudio
Jakarta -

Mie instan tak pernah gagal menggoda selera, termasuk bagi ibu hamil. Apakah ibu hamil boleh makan mie instan? Ini aturan makannya.

Sesekali memang boleh ibu hamil makan mie instan tapi batasi konsumsinya agar nutrisi ibu dan janin dalam kandungan tetap terpenuhi. Mie instan memang bukan makanan berbahaya tetapi tidak baik dikonsumsi ibu hamil.

Dikutip dari situs resmi World Instant Noodles Association (WINA) (27/8) mie instan mengandung karbohidrat yang tinggi. Kandungan ini tidak memberi risiko untuk ibu hamil dan janin, namun beberapa komposisi lainnya yang justru dapat menggangu kesehatan.

Bagi ibu hamil yang sangat ingin makan mie instan, batasi konsumsinya maksimal satu bulan sekali. Atau kombinasikan mie instan dengan berbagai bahan tinggi nutrisi seperti sayuran dan sumber protein.

Berikut beberapa risiko dan tips konsumsi mie instan bagi ibu hamil:

1. Kandungan mie instan

Mie instan didominasi karbohidrat, dalam 100 gram mie instan mengandung 60 gram karbohidrat. Tak heran karena bahan utama mie instan adalah tepung terigu. Bukan hanya karbohidrat, mie instan juga mengandung berbagai zat gizi lain.

Mie instan mengandung vitamin A, B1, B6, B12, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, dan asam folat. Memang semua gizi tersebut benar dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungan namun mie instan juga memberi resiko yang tak sedikit.

Mie instan termasuk makanan tinggi kalori dan MSG. Belum lagi kandungan bahan pengawet dan pewarna makanan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menyebabkan gangguan pada perkembangan janin.

Satu porsi mie instan mengandung 300-500 kilo kalori. Tingginya kalori dalam mie instan ini dikhawatirkan akan membuat ibu hamil obesitas. Kemudian kandungan MSG dalam mie instan juga berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi ibu dan janin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Surga Mie Instan di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com