10 Makanan Penghilang Stres yang Enak dan Menyehatkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Jan 2021 10:00 WIB
stress Foto: Shutterstock
Jakarta -

Makanan penghilang stres ini cocok dikonsumsi rutin oleh kamu yang sering kalut karena berbagai hal. Bonus lainnya, makanan ini punya banyak nutrisi baik.

Saat stres melanda, respons alami yang dilakukan seseorang adalah mencari cara untuk menghilangkannya. Dalam tahap ringan, stres bisa diatasi lewat cara alami.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada beberapa makanan yang diberi label makanan penghilang stress oleh ahli gizi.

Makanan ini mengandung beberapa nutrisi spesifik yang memang bisa bantu seseorang pulih dari kondisi stres. Selain itu, makanan ini juga tergolong sehat sehingga baik untuk tubuh.

Berikut 10 makanan penghilang stress yang enak dan menyehatkan:

1. Ubi

Makanan penghilang stres ini mudah didapat dan harganya murah. Adalah ubi yang mengandung segudang manfaat sehat di balik rasanya yang enak.

Konsumsi ubi bantu mengurangi kadar hormon stress bernama kortisol. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian. Penyebabnya adalah lantaran kandungan karbohidrat, vitamin C, dan potassium dalam ubi.

2. Telur

Diet telur rebusFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Jadi bahan makanan populer di berbagai negara, telur juga tergolong makanan penghilang stress. Telur utuh mengandung banyak vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang berperan dalam merespons stres dengan cara sehat.

Selain itu, telur juga mengandung kolin yang terbukti punya peranan penting untuk kesehatan otak. Asupan kolin juga bisa bantu melindungi seseorang dari efek buruk stres.

3. Ikan

Siapa sangka ikan juga bisa bantu mengusir stres. Pilihlah ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel.

Jenis ikan tersebut tinggi kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin D. Keduanya terbukti mampu mengurangi kadar stres dan membuat suasana hati yang lebih baik. Bonusnya, ikan ini juga bisa jadi sumber protein menyehatkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com