12 Makanan Indonesia Paling Terkenal yang Layak Dicicipi Turis

ADVERTISEMENT

12 Makanan Indonesia Paling Terkenal yang Layak Dicicipi Turis

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 02 Des 2022 16:00 WIB
Rijsttafel Indonesia
Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia punya kekayaan kuliner yang luar biasa. Dari sekian banyak hidangan lokal, 12 makanan Indonesia ini disebut CNN Travel layak dicoba turis saat sedang bertandang ke Tanah Air.

Mengutip CNN Travel (28/11), William Wongo selaku pakar kuliner Indonesia mengatakan budaya makanan Indonesia sangat beragam. "Didasarkan pada masakan daerah di antara 17.500 pulau, 38 provinsi, dan 700 dialek," katanya.

Saking beragamnya, dua provinsi yang berdekatan secara geografis pun bisa memiliki budaya kuliner yang jauh berbeda. Misalnya Aceh dan Sumatera Barat. Penulis buku "Flavours of Indonesia: William Wongso's Culinary Wonders" ini mengatakan di Aceh, penggunaan rempah kering begitu jamak berkat pengaruh India, Arab, dah China.

Sementara di Sumatera Barat, masakannya lebih didominasi penggunaan santan, cabe, bawang merah, bumbu kari, dan aneka bumbu aromatik seperti daun jeruk purut dan serai. Hal inilah yang membuat makanan Indonesia begitu istimewa.

Tapi jika bisa dirangkum, dari semua makanan yang ada, terdapat 12 makanan Indonesia yang paling terkenal menurut CNN Travel. Makanan inipun layak dicoba para turis saat ke Indonesia. Apa saja?

1. Rendang daging

Rendang begitu identik dengan Indonesia. Masakan ini bahkan mendapat banyak pengakuan sebagai makanan paling enak di dunia. Berasal dari suku Minangkabau, rendang punya banyak variasi.

"Di Sumatera Barat, ada sekitar 900 kabupaten dan masing-masing memiliki gaya rendangnya sendiri," kata Wongso. Tapi salah satu yang paling terkenal adalah rendang daging sapi. Proses masaknya berjam-jam dengan rempah yang sangat banyak. Hasilnya rendang bertekstur empuk dengan tekstur relatif kering di luarnya.

2. Tempe

Semakin meningkatnya popularitas diet vegetarian dan vegan, tempe pun jadi kian terkenal. Makanan asli Indonesia ini sudah ada dalam budaya kuliner Jawa selama lebih dari 4 abad.

Tempe disukai pelaku hidup sehat karena rendah lemak dan tinggi protein. Proses membuatnya juga unik karena kacang kedelai difermentasi menggunakan bantuan jamur Rhizopus oligosporus. Tempe disebut punya rasa mirip kacang dan jamur dengan aksen aroma manis dari kedelai. Mengolahnya bisa dengan banyak cara, termasuk digoreng dan dipanggang.

3. Sate

Sate banyak ditemui di Asia Tenggara, tak terkecuali di Indonesia. Konon sate pertama kali muncul di Jawa. Olahan daging dalam tusukan ini bisa dibuat dengan beberapa jenis daging. Bumbu rempah, saus, dan marinasinya juga berbeda antardaerah.

Salah satu yang terpopuler, sate ayam. Pendampingnya saus kacang yang gurih manis dan bertekstur kental.

4. Nasi goreng

Resep Nasi Goreng KampungFoto: Dok. Detikfood

Banyak orang luar negeri juga mengenal Indonesia melalui makanan khasnya, nasi goreng. Tiap rumah tangga rasanya punya resep nasi goreng berbeda, namun bahan yang umum adalah kecap manis dan terasi.

Nasi goreng kampung juga biasanya dilengkapi telur mata sapi dan kerupuk udang renyah. Nasi goreng termasuk hidangan serba guna yang bisa dikonsumsi sepanjang hari.

5. Kerupuk

Makanan Indonesia terasa tak lengkap tanpa kerupuk. Jenis yang terkenal adalah kerupuk udang, bahkan popularitasnya sampai ke Belanda dan dibawa ke negara Eropa lainnya. Kerupuk juga bisa dijadikan camilan selain pelengkap hidangan tradisional.

6. Soto ayam

Soto Ayam LamonganFoto: iStock

Seperti makanan Indonesia lainnya, soto bisa berbeda, tergantung dari wilayah Indonesia mana soto itu berasal. Varian terpopuler adalah soto ayam, tapi itupun bisa sangat bervariasi.

Dari Jawa Timur ada soto ayam Madura dan Ambengan. Soto ini memiliki kuah bening dan memakai banyak kunyit, bawang putih, dan bawang goreng. Ada juga soto ayam Lamongan yang unik karena penambahan koya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Kelezatan Mi Khodon Khas Lampung yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT