Warung Sunda

Racikan Hidangan Sunda yang Bahan dan Bumbunya Sedap Sederhana

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 08 Feb 2022 10:30 WIB
Warung makan Sunda
Foto: iStock
Jakarta -

Hidangan Sunda memakai bahan dan bumbu sederhana. Seperti lalapan dan sambal yang sudah ada sejak abad 10 masehi yang hingga kini tetap jadi ciri khas.

Masakan khas Sunda merupakan kuliner favorit banyak orang. Karena banyak memakai bahan-bahan segar, bumbunya sederhana tetapi sangat nikmat. Karenanya masakan Sunda sering jadi pilihan menu makan keluarga.

Hal ini tak lepas dari lingkungan masyarakat di tanah Pasundan. Kehidupan sebagai petani yang bercocok tanam membuat hidangan Sunda kaya akan sayuran dan bumbu segar. Nasi hangat dengan ikan asin, sambal dan lalapan biasa dinikmati sehari-hari.

Salah satu yang populer adalah lalapan aneka sayur-sayuran yang disajikan untuk jadi pelengkap setiap masakan. Bahkan dapat disebutkan bahwa dari 80 jenis masakan Sunda, lebih dari 65% dari tumbuh-tumbuhan.

Baca Juga: Bikin Kreasi Liwetan 5 Sambal, Ibu-Anak di Tangsel Raih Rp 15 Juta

Warung makan SundaWarung makan Sunda identik dengan lalapan dan sambal Foto: iStock

Hal tersebut dijelaskan oleh Unus Suriawiria, pakar mikrobiologi Institut Teknologi Bandung, dalam makalahnya untuk Konferensi Internasional Budaya Sunda.

Menurutnya, kebiasaan orang Sunda yang doyan makan lalapan sejalan dengan budayanya yang mementingkan harmoni manusia dengan alam. Maksudnya, kehidupan masyarakat Sunda sudah menyatu dengan alam.

Menurut pengamat sejarah kuliner Fadly Rahman, lalapan pada masakan Sunda sudah ada sejak abad ke-10 Masehi. Lalapan itu disebut dalam Prasasti Taji yang ditemukan di daerah Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam prasasti tahun 901 Masehi tersebut tertulis nama sajian yakni 'Kuluban Sunda' atau yang artinya adalah lalap, seperti yang dikutip dari Unpad.ac.id.

Warung makan SundaMasakan khas Sunda biasanya terbuat dari bahan-bahan sederhana yang tersedia di alam sekitar Foto: iStock

Lalap dalam masakan Sunda kemudian dipasangkan dengan sambal. Salah satu jenis sambal yang selalu ada dalam masakan Sunda adalah sambal terasi. Kedua kondimen itu kini jadi pelengkap setiap kali makan masakan khas Sunda.

Baca Juga: Tips Bikin Kreasi Nasi Liwet Praktis dan Nikmat ala Chef Steby Rafael

Menu masakan Sunda pun ada banyak jenisnya. Umumnya olahan dari sayur-sayuran seperti tumisan, sayur asem dan sayur sop. Kemudian ada juga olahan ayam seperti ayam bakar dan ayam goreng.

Ada pula yang terbuat dari beragam jenis ikan air tawar, tahu dan tempe. Di rumah makan atau warung nasi sunda, lazimnya orang makan langsung dengan tangan alias tanpa sendok dan garpu.

Biasanya disediakan kobokan untuk mencuci tangan sebelum, makan. Biasanya rumah makan atau warung makan Sunda menyajikan cara makan duduk lesehan beralas tikar.

Warung makan SundaNasi liwet, jadi salah satu masakan khas Sunda favorit keluarga Foto: iStock

Bahkan ada tradisi makan bersama orang Sunda yang disebut liwetan atau bancakan. Pada tradisi itu disediakan daun pisang sebagai alas makanannya yang ditata berjajar.

Kemudian orang-orang akan duduk lesehan memutari nasi liwet tersebut. Tradisi ini memiliki filosofi tersendiri yakni sebagai simbol eratnya tali persaudaraan dan penuh kesederhanaan.

Nahh, di ulasan detikFood kali ini akan membahas seputar rumah makan atau warung nasi Sunda. Meskipun sederhana, tetapi banyak diminati oleh banyak orang karena sensasi dan rasa masakannya.

Di ulasan ini, kamu akan memberikan rekomendasi tempat makan Sunda di beberapa daerah, seperti Jakarta, Bandung, Puncak dan lainnya. Termasuk bagaimana hidangan Sunda dinikmati di warung Sunda yang asli? Karenanya simak terus ulasan detikFood ya!

Baca Juga: 10 Masakan Sunda yang Terkenal Enak Ini Wajib Kamu Coba!



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Aneka Seafood Sambil Nongkrong di Saung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)