Bikin Kreasi Liwetan 5 Sambal, Ibu-Anak di Tangsel Raih Rp 15 Juta

Erika Dyah - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 18:52 WIB
Kreasi Liwetan ABC Foto: Erika Dyah/detikcom
Jakarta -

Kreasi masakan Nusantara sudah tak perlu lagi diragukan kelezatannya, termasuk liwetan. Masakan khas Sunda berupa nasi liwet yang dimasak dengan paduan santan, kaldu, dan rempah-rempah ini biasanya dicampur dengan berbagai lauk-pauk yang tak kalah nikmatnya.

Lalu, apa jadinya jika liwetan dipadukan dengan aneka lauk pauk dengan 5 sambal khas Nusantara? Pastinya bikin makin menggoda dan kaya akan cita rasa asli Indonesia.

Kreasi liwetan dengan aneka lauk pauk dan sambal ini dihadirkan oleh ibu dan anak asal Tangerang Selatan, Sofi dan Widi Widiyandari yang menyajikan Nasi Liwet Nusantara dalam Grand Final Kreasi Liwetan bersama Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara yang digelar PT Heinz ABC bekerja sama dengan detikcom.

Dalam ajang kreasi masakan ini, Widi mengungkap dirinya bersama sang Ibu yang tergabung dalam tim Nusantara menghadirkan liwetan menggunakan 5 macam sambal nusantara.

"Pertama, nasi liwet peda buntung ciri khas Tasikmalaya. Ini menggunakan ikan peda yang dipotong kepalanya, dinamakan peda buntung," jelas Widi dalam Grand Final Kreasi Liwetan bersama Vol.2 secara virtual melalui detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Ia menjelaskan kreasi nasi liwet miliknya dilengkapi dengan aneka lauk pauk yang tak kalah lezat. Mulai dari urap sayur kecombrang menggunakan sambal terasi, jengkol cabe ijo, rendang jamur, udang bakar jimbaran sambal terasi, dan ayam goreng kuning khas Cianjur yang disajikan bersama sambal teri, serta tak lupa dilengkapi tahu tempe bacem.

Adapun seluruh sambal yang digunakan untuk lauk pauknya menggunakan sambal dari Heinz ABC Sambal Nusantara, mulai dari varian Sambal Terasi dan Sambal Hijau Khas Jawa Barat, Sambal Rendang Khas Minangkabau, dan Sambal Teri Khas NTT.

Selain itu, ia juga melengkapi kreasi liwetannya dengan signature dish berupa babat gongso sambal geprek. Diketahui, menu babat ini merupakan tantangan yang didapatnya dari PT Heinz AB dan detikcom sebelumnya. Ia menjelaskan, babat gongso kreasinya diberi Heinz ABC Sambal Nusantara varian Sambal Geprek khas Yogyakarta yang memiliki kepedasan level 5.

Widi menceritakan, untuk sajian Rendang Jamur buatannya ia tak lagi perlu membuat bumbu sambal tersendiri karena sudah terbantu dengan hadirnya Sambal Rendang Khas Minangkabau dari Heinz ABC.

"Pakai tambahan bawang merah bawang putih juga pelengkap lengkuas, tapi tidak perlu pakai cabe lagi karena sudah cukup pedas dari sambal rendang," terangnya.

Berkat kreasinya masakan Nusantara buatannya ini, ibu dan anak ini pun dinobatkan sebagai Juara 1 ajang Kreasi Liwetan bersama Vol.2. Keduanya berhasil meraih hadiah senilai Rp 15 juta.

Chef Steby Rafael yang menjadi juri dalam ajang ini mengungkap penggunaan sambal yang maksimal menjadi salah satu alasan Tim Nusantara dengan sajian Nasi Liwet Nusantara lebih unggul dibanding yang lain.

"Penggunaan sambal itu maksimal sekali. Di situ juga nggak cuma (sajian) dari darat saja, tapi ada penggunaan laut juga dari udangnya yang dikreasikan. Jadi lebih luas cakupannya. Secara penataan juga proper," ungkap Chef Steby.

Senada dengan Chef Steby, Redaktur Pelaksana detikFood, Odilia Winneke menilai tampilan kreasi liwetan dari tim ini memang rapi meski tidak terlalu berani.

"Yang lebih menarik, mereka mengeksplor begitu banyak makanan Indonesia, seperti udangnya tadi dibakar Jimbaran, ada juga sambal geprek, kemudian ada baceman, dan berbagai macam sajian daerah yang makanannya memang populer banyak dikenal orang. Lalu berusaha digabungkan dengan produk dari ABC. Sehingga, namanya Nusantara itu sudah mencerminkan isiannya dan juga sama seperti produk sambalnya yang untuk seluruh Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam Grand Final Kreasi Liwetan bersama Vol.2 diumumkan juga para pemenang yang telah disaring dari 400 peserta yang mendaftar, 50 finalis terseleksi, dan 5 grand finalis yang berlaga hari ini. Adapun pemenang ajang ini antara lain

Pemenang 1: Tim Nusantara meraih hadiah Rp 15 juta.

Pemenang 2: Tim Teman Baik Kamu meraih hadiah Rp 10 juta.

Pemenang 3: Tim Pawon Sedulur meraih hadiah Rp 8 juta.

Pemenang 4 & 5: MoniBoji dan D'Lezatos masing-masing meraih hadiah hiburan Rp 2 juta.



Simak Video "Sate Taichan Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com