Tips Bikin Kreasi Nasi Liwet Praktis dan Nikmat ala Chef Steby Rafael

Erika Dyah - detikFood Senin, 24 Jan 2022 07:15 WIB
Heinz ABC Foto: Tangkapan Layar Heinz ABC
Jakarta -

Kreasi liwetan ala Sunda memiliki cita rasa yang kaya. Sebab, resepnya tidak harus mengikuti pakem tertentu dan bisa dikreasikan sesuai selera keluarga.

Meski demikian, umumnya masakan khas sunda nasi liwet ini dimasak dengan paduan santan, kaldu dan rempah-rempah. Kemudian, dipadukan dengan berbagai jenis lauk pauk dan sambal yang menggugah selera.

Dalam ajang Grand Final Kreasi Liwetan Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara yang berlangsung virtual di detikcom pada Sabtu (22/1), Redaktur Pelaksana detikFood, Odilia Winneke menjelaskan liwetan khas Sunda ini biasa dimasak dalam kastrol atau periuk dari aluminium. Hidangan ini umumnya disajikan dengan aneka lauk, seperti teri, sambal pete, peda, pepesan, ayam goreng, lalapan, sambal, dan seterusnya.

"Itu biasanya dimakan bareng-bareng kan, untuk menambah semakin akrab makan pakai tangan. Nanti dialasi pakai daun pisang. Itu memang ciri khas Indonesia, cara kita untuk selalu guyub bersama dengan keluarga," kata Odi dalam Grand Final Kreasi Liwetan Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara.

Pada ajang yang diselenggarakan oleh PT Heinz ABC bekerja sama dengan detikcom ini, Chef Steby Rafael pun turut berbagi kiat praktis untuk membuat liwetan. Ia mengatakan, kini nasi liwet bisa dimasak dengan praktis menggunakan rice cooker.

"Bisa banget ini. Tapi harus diingat, kita kan harus tumis bumbu dulu sebelum dicampur di beras yang udah dicuci. Ada minyak kan di tumisannya, minyak itu cenderung naik ke atas air. Makanya, sebelum masuk rice cooker itu harus kita aduk dulu supaya minyak yang penuh aroma ini tercampur dengan nasinya," jelas Chef Steby.

Ia menambahkan, yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat liwetan ialah aroma dan cita rasa gurihnya.

"Ada beberapa bumbu rempah segar yang harus ada di nasi liwet, seperti sereh dan lengkuas. Makin banyak lengkuas makin enak justru. Bisa langsung dipotong dan masuk ke kastrol atau kalau mau di-blend sampai halus lalu ditumis dengan bawang putih dan bawang merah juga boleh," jelas Chef Steby.

Selain itu, aroma liwetan pun bisa diperkaya dengan menambahkan kecombrang, daun jeruk, hingga parutan kulit jeruk purut untuk membuat aroma yang lebih strong.

"Banyak versi, hampir setiap keluarga beda-beda. Tergantung selera orang-orang. Teri medan atau teri nasi juga bisa jadi campuran, tapi harus digoreng dulu. Setelah sudah matang langsung dimasukkan ke rice cooker. Sah-sah saja, tergantung selera tiap keluarga," tuturnya.

Selain praktis saat memasak nasi liwet, Chef Steby juga berbagi kiat praktis menyajikan lauk pauk dengan cita rasa sambal khas Nusantara. Salah satunya dengan menggunakan ABC Sambal Nusantara seperti yang ia lakukan saat membuat kreasi nasi liwet dengan lauk Rendang Jengkol, Lidah Sapi Cabai Hijau, dan Ayam Geprek.

"Sekarang, bikin liwetan sudah nggak repot lagi karena ada ABC Sambal Nusantara yang terdiri dari 5 varian. ABC Sambal Nusantara ini juga cocok sekali sebagai cocolan," ungkapnya.

Sebagai informasi, ABC Sambal Nusantara dibuat dengan bahan asli indonesia yang menghasilkan rasa sambal khas Indonesia. Sambal praktis yang terinspirasi dari kekayaan kuliner Indonesia ini terdiri dari 5 varian, antara lain

  • Sambal Terasi (Khas Jawa Barat) - Pedas Level 3

Dibuat dari cabai dan terasi pilihan untuk citarasa asli Indonesia

  • Sambal Geprek (Khas Yogyakarta - Pedas Level 5

Dibuat dari cabai dan bawang putih yang harum, memberikan rasa pedas yang ekstra

  • Sambal Rendang (Khas Minangkabau) - Pedas Level 3

Sambal yang terbuat dari cabai dan rempah-rempah khas nusantara

  • Sambal Hijau (Khas Jawa Barat) - Pedas Level 1

Kombinasi cabai hijau dan bawang merah terbaik

  • Sambal Teri (Khas NTT) - Pedas Level 4

Dibuat dari cabai, ekstrak ikan teri, dan pasta tomat untuk rasa pedas dan manis yang khas



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com