10 Masakan Sunda yang Terkenal Enak Ini Wajib Kamu Coba!

Rizky Wika Shintya Devi - detikFood Kamis, 15 Agu 2019 10:30 WIB
Nasi liwet, masakan Sunda enak. Foto: Dok. detikFood Nasi liwet, masakan Sunda enak. Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Menu masakan Sunda merupakan salah satu menu favorit keluarga Indonesia karena rasanya yang gurih. Makin enak disantap dengan nasi putih!

Masakan khas dari suku Jawa Barat ini tidak hanya memiliki cita rasa gurih saja tapi juga cita rasa seperti asin, pedas dan asam segar.

Dengan gaya hidup agrarisnya, warga Jawa Barat terkenal dengan kuliner dari hasil pertanian berupa beras dan sayur mayur. Makanan khas Sunda terkenal dengan hasil olahan sederhananya dan mudah untuk dijadikan sebagai menu masakan Sunda sehari-hari.

Orang Sunda juga sangat menyukai sambal dan juga lalapan. Aneka sayuran seperti terung hijau, leunca dan juga kemangi dimakan mentah dengan cocolan sambal dan lauk.

Nah, berikut ini menu masakan Sunda yang enak dan mudah yang pasti jadi favorit banyak keluarga.

1. Nasi Timbel

Masakan Sunda nasi timbel.Masakan Sunda nasi timbel. Foto: Detikfood

Nasi timbel merupakan perpaduan nasi pulen yang disajikan dengan bungkusan daun pisang, umumnya nasi timbel dibuat dari jenis beras Bagolo atau beras merah campuran. Awal mula nasi timbel sendiri berasal pada hidangan yang biasanya disajikan untuk para petani saat beristirahat, kini nasi timbel menjadi salah satu top list untuk makanan khas Sunda asli.

Nasi timbel memiliki cita rasa yang unik dan kuat, sangat identik dengan masakan khas orang Sunda. Penyajiannya pun merupakan salah satu ciri khas makanan Sunda dengan menggunakan bungkusan daun pisang. Ada berbagai macam lauk yang cocok untuk menikmati kelezatan nasi timbel, yaitu ikan asin tahu dan tempe, serta lalapan dan sambalnya.

2. Nasi Liwet Sunda

Nasi liwet telah terkenal di kalangan masyarakat pulau Jawa, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Jawa Tengah, tepatnya berada di Kota Solo, nasi liwet dibuat dengan menggunakan campuran santan dan sayur labu. Sedangkan, untuk suku Sunda tidak memakai santan dalam olahan nasi liwet.

Meskipun tidak menggunakan santan, nasi liwet Sunda ini mempunyai cita rasa gurih karena mencampurkan bumbu-bumbu dapur khas Indonesia, seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih , daun kemangi dan daun salam. Nasi liwet dinikmati dengan lauk lainnya, seperti sayur asem, ikan asin, tahu atau tempe.

3. Nasi Tutuk Oncom

Masakan Sunda tutuk onom.Masakan Sunda tutuk onom. Foto: iStock

Nasi Tutuk Oncom atau biasa dikenal dengan sebutan Sangu Tutug Oncom ini merupakan makanan tradisional khas Sunda berupa sajian nasi yang dicampur dengan tumisan oncom atau oncom bakar.

Asal mula penamaan makanan khas kota Tasikmalaya ini berasal dari kata 'tutug' mempunyai arti menumbuk dalam bahasa Sunda. Jadi, proses menumbuk atau mengaduk nasi dengan bahan oncom dinamakan dengan kata'tutug'.

Di luar wilayah Jawa Barat, sudah banyak tempat makan yang menyajikan nasi tutuk oncom dengan berbagai variasi lauk pauk. Biasanya, nasi tutug sendiri disajikan dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, lalapan sayur dan sambal terasi.

4. Sayur Asem

Sayur asem ini adalah makanan khas Sunda yang selalu berada dalam daftar menu masakan Sunda. Sayur asem sendiri terdiri dari labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, melinjo dan kacang tanah. Sayur asem juga dicampurkan dengan asam jawa yang memberikan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur asem ini juga memiliki varian dari wilayah lain, yaitu sayur asem Betawi. Cita rasa sayur asem sendiri terasa sangat menyegarkan dan bergizi ini cocok bila disajikan dengan lauk ikan asin goreng dan sambal.


5. Pais Ikan

Masakan Sunda pepes ikan.Masakan Sunda pepes ikan. Foto: detikFood

Pais ikan atau biasa dikenal dengan nama pepes ikan ini terbuat dari bumbu-bumbu rempah yang dihaluskan lalu dibalut bersama ikan yang sudah dibersihkan serta diberikan tambahan daun kemangi, tomat dan cabai. Menu masakan Sunda (https://www.detik.com/tag/makanan-sunda) ini menjadi cocok untuk sajian makan keluarga, pembuatan makanan ini juga mudah untuk dicoba.

Dalam makanan khas Sunda, terdapat berbagai macam jenis pepes, seperti ayam, jamur, teri, telur asin, dan tahu. Pepes ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat dan sayur asem.

Faktanya, sebagian besar orang mengira pepes adalah sebutan nama makanan. Padahal, kenyataannya pais atau pepes merupakan teknik memasak yang dilakukan dengan cara sajian makanan yang telah dibungkus dengan menggunakan daun pisang itu selanjutnya dikukus atau dibakar hingga matang.

6. Empal Gentong

Sedikit bergeser ke daerah Cirebon, Jawa Barat nih Detikers, kamu bisa menemukan khas Sunda yang enak pula di sini. Makanan khas Sunda yang berasal dari Cirebon ini mempunyai kemiripan dengan gulai, makanan ini diolah dengan menggunakan kayu bayar di dalam gentong. Dalam olahannya, makanan ini disajikan dengan pencampuran usus, babat dan daging sapi sehingga cita rasa gurih lebih terasa nikmat.

Empal gentong sendiri disajikan dengan lontong atau nasi dan sebagai pelengkap bisa ditambahkan dengan kucai dan cabai kering. Rasa dari empal gentong memiliki rasa yang kuat karena bumbu empal gentong melekat dan spesial.

7. Empal Gepuk Daging Sapi

Masakan Sunda gepuk daging.Masakan Sunda gepuk daging. Foto: detikfood

Ada empal gentong dan empal gepuk, walaupun hampir memiliki kesamaan nama tapi makanan ini disajikan secara berbeda. Empal gepuk daging sapi ini termasuk makanan wajib di warung makan khas Sunda dan populer di daerah Jawa Barat. Sesuai dengan penamaan masakan Sunda ini, masakan ini diolah dengan dipukul alias digepuk hingga gepeng dan dimasak dengan bumbu yang bercita rasa manis.

Masakan khas Sunda ini memiliki tekstur empuk karena proses pengungkepan daging empal yang telah dibumbui dan digoreng sehingga terasa renyah dibagian luarnya.

8. Mi Kocok

Makanan khas asal kota Kembang alias Bandung ini termasuk dalam makanan Sunda Bandung. Mi kocok menggunakan bahan dasar mi kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi. Pada umumnya, mi kocok disajikan pula bersama dengan bakso, kikil dan toge rebus serta ditambahkan dengan taburan bawang goreng, jeruk nipis dan seledri.

Penamaan makanan ini berasal dari teknik memasaknya dengan mengocok-ngocok mi dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas. Baha mi kuning yang digunakan memiliki ukuran pipih dan bertekstur lembut sehingga menambah kelezatan mi kocok itu sendiri.
n
9. Soto Bandung

Masakan Sunda soto BandungMasakan Sunda soto Bandung. Foto: detikFood

Selain Mi Kocok, Bandung memiliki masakan khas Sunda lainnya, yaitu Soto Bandung. Masakan ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan menu soto di daerah lain, hanya saja perbedaannya terdapat pada pemakaian bahan yang digunakan.

Bahan utama yang digunakan dalam masakan khas Sunda ini berupa tetelan daging sapi. Pengolahan makanan ini menggunakan bumbu dapur yang terdiri dari jahe, lengkuas, serai, gula, garam dan bawang merah-putih. Soto Bandung biasanya disajikan pada mangkuk yang sudah diberi tambahan bahan pelengkap, seperti irisan lobak yang telah direbus, daun seledri, daun bawang, bawag goreng dan kacang kedelai goreng.

10. Doclang

Makanan Sunda yang unik ini merupakan Doclang, Doclang sendiri memiliki kemiripan dengan makanan Kupat Tahu tapi untuk soal rasa, Doclang nomor satu. Penamaan makanan ini berasal dari singkatan dari kata 'Doclang' yang berarti 'medhok pake kacang'. Cita rasa bumbu kacang ini memang sangat medhok (kental) karena penambahan gula merah dan kacang yang cukup banyak.

Doclang sendiri terbuat dari campuran berbagai bahan, yaitu pesor atau lontong berukuran besar yang dibungkus dengan daun pata, irisan kentang yang telah direbus, tahu goreng, telur rebus dan kerupuk atau emping tangkil. Setelah tercampurnya bahan, Doclang disiram dengan bumbu kacang kental bercita rasa pedas, manis dan gurih.


Jadi, kamu lebih tertarik untuk mencicip menu masakan Sunda yang mana nih Detikers?



Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)