ADVERTISEMENT

30 Resep Barbeque Party

5 Tips Bakar Ikan Agar Dagingnya Tak Hancur dan Bumbunya Meresap

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 31 Des 2021 10:30 WIB
Ikan Bakar Dabu-Dabu, the popular grilled fish dish from Manado, North Sulawesi. The fish is lightly seasoned then grilled; served with the spicy tomato salsa. The fish is plated on a wooden serving block lined with layers of broad green leaves. Accompanied with extra salsa and limes.
Foto: iStock
Jakarta -

Menjadi menu yang cocok untuk dinikmati keluarga, ikan bakar ternyata perlu dimasak dengan cara yang tepat. Pengelola seafood legendaris ini bagikan tips membakar ikan agar hasilnya sempurna.

Cocok untuk menjadi menu bakar-bakaran tahun baru bareng keluarga, ikan bakar pastinya sempurna untuk disajikan saat perayaan malam tahun baru. Melengkapi momen dengan cicip gurih dan lembutnya ikan bakar akan menambah kehangatan perayaan tahun baru bersama keluarga.

"Ikan itu kan identik dengan sajian keluarga. Jadi sangat bagus sekali jadi salah satu pilihan di kudapan tahun baru. Adapun kita harus tahu harus memilih aneka seafood seperti ikan, udang juga kerang-kerangan," kata Louis Liang selaku pengelola restoran seafood.

Saat ditemui oleh detikcom (27/12) Louis juga mengatakan bahwa seafood khususnya ikan memiliki jenis-jenis tertentu yang cocok untuk diolah dalam teknik pemasakan tertentu. Termasuk cara membakar ikan ternyata banyak yang harus diperhatikan agar hasilnya sempurna.

Baca juga: Duh! Tamu di Resto Gordon Ramsay Terpaksa Bayar Rp 8,8 Juta karena Hal Ini

Berikut ini 5 tips bakar ikan agar sempurna dan tak hancur dagingnya:

Ikan segar siap olahFoto: Ari Saputra

1. Memilih Ikan

Ikan yang segar sangat memengaruhi hasil hidangan nantinya. Mulai dari rasa, tekstur hingga keadaan daging ikan yang akan mudah hancur saat dimasak ketika ikan sudah tak lagi segar.

Saat memilih ikan, Louis menyarankan untuk memerhatikan ciri-ciri fisik ikan dan memilih ikan yang masih segar. Beberapa tandanya adalah mata ikan yang masih jernih, kulitnya yang segar dan mengkilap, insangnya yang merah segar serta beberapa tips memilih ikan segar lainnya yang bisa dibaca di sini.

2. Menentukan Jenis Ikan

Jika ingin mengolah ikan, Louis juga menyarankan untuk menggunakan jenis ikan yang tepat. Ikan memiliki karakteristik daging tertentu yang sebenarnya tidak cocok untuk diolah dengan banyak teknik memasak. Misalnya ikan yang dagingnya lembut lebih cocok untuk dikukus dan ikan yang dagingnya tebal seperti gurame cocok untuk untuk dibakar.

"Tetapi kita harus ingat beberapa jenis ikan itu punya tekstur dagingnya sendiri-sendiri. Kalau gurame kan teksturnya lebih padat, lebih kasar jadi lebih cocok untuk dibakar. Jadi rasa padat dagingnya itu lebih terasa lebih puas orang makannya," kata Louis.

Baca juga: Gawat! Pelanggan Resto Salt Bae Mengeluh Makanannya Keasinan



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT