30 Resep Barbeque Party

5 Tips Mudah Memilih Seafood Segar dari Penjual Seafood Legendaris

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 30 Des 2021 13:00 WIB
iStockalypse Dubai.  Closeup of the iridescent silver, turquoise and blue tails of three fish in a basket at the busy and crowded Deira Fish Market, a public souk in Deira, Dubai, UAE. Foto: iStock
Jakarta -

Mendekati perayaan tahun baru banyak sekali bahan makanan yang disiapkan. Tak terlepas seafood dan ikan. Begini tips memilih seafood dan ikan yang masih segar.

Bukan hanya daging dan ayam, ikan dan seafood juga menjadi menu alternatif untuk santapan tahun baru. Ikan dan seafood punya banyak penggemar.

Kedua bahan makanan ini bisa dibakar hingga direbus dengan kuah yang segar. Penjual seafood legendaris ini punya tips dan trik untuk memilih seafood dan ikan yang segar serta berkualitas baik untuk perayaan tahun baru nanti.

Bergelut selama 12 tahun lebih menjadi pegiat seafood dan ikan segar, Louis Liang memberikan beberapa tipsnya kepada detikcom saat ditemui di salah satu cabang restorannya (27/12). Louis memberikan beberapa tips memilih seafood dan ikan segar yang mudah dilakukan.

Baca juga: Super Hemat! Pria Ini Punya Trik Makan Steak Salt Bae Hanya Rp 478 Ribu

Berikut ini 5 tips memilih seafood dari Louis Liang pemilik Rezeki Seafood di Kelapa Gading:

Ikan segar siap olahFoto: Ari Saputra

1. Kenali aroma ikan segar

Bau amis yang biasanya tercium pada ikan bukan sepenuhnya menandakan bahwa ikan benar-benar masih segar. Louis, mengatakan bau segar dari ikan justru tidak akan beraroma amis yang kuat. Menurut Louis bau ikan yang segar seharusnya mirip seperti bau saat ikan masih hidup di dalam air.

"Bau amis itu bukan berarti ikan masih segar. Ikan yang segar yang baunya akan masih segar dan tidak kuat aromanya. Biasanya juga ditandakan dengan lalat-lalat yang mengerubungi. Pilih ikan yang ada lalat hinggapnya, tetapi hanya satu atau dua saja," kata Louis.

2. Lihat bagian mata yang masih jernih

Selain mengenali ikan dari baunya, Louis juga mengatakan bahwa ikan yang segar bisa dikenali melalui matanya. Ikan yang segar biasanya akan memiliki mata yang jernih layaknya ikan yang hidup. Jika mata ikan terlihat mulai keruh atau berubah warna sebaiknya jangan membelinya.

"Ikan yang masih segar itu matanya harus masih jernih dan bening. Banyak sekali ikan-ikan yang dijual itu dibilang masih segar tetapi matanya mulai keruh. Selain itu jangan juga pilih ikan yang matanya sudah berubah warna misalnya seperti kebiruan," kata Louis.

Baca juga: Duh! Pria Ini Hanya Dapat Cokelat Usai Menantikan iPhone 13 Miliknya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com