ADVERTISEMENT

7 Pola Makan Sehat untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 30 Des 2021 06:00 WIB
ukur tekanan darah
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Keluhan darah tinggi jika tak cepat diatasi menjadi penyakit yang berbahaya. Tujuh pola makan ini direkomendasi oleh ahli untuk rutin dijalani agar tekanan darah terkendali.

Tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang banyak diwaspadai oleh orang dewasa. Pasalnya tekanan darah cukup sulit dikendalikan terlebih ketika menjalani pola makan yang tak cukup sehat.

Cukup sulit untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil, tidak terlalu tinggi dan tidak menjadi rendah. Para ahli kesehatan dan ahli gizi menyarankan untuk secara rutin menerapkan pola makan yang sehat.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Berikut ini 7 pola makan yang disarankan untuk penderita darah tinggi menurut Eating Well (27/12):

Ilustrasi Buah dan SayurFoto: shutterstock

1. Perbanyak konsumsi makanan utuh

Makanan utuh atau makanan alami begitu disarankan oleh para ahli untuk rutin dikonsumsi. Makanan utuh yang dimaksud ini adalah seperti buah-buahan, sayur-sayuran hingga biji-bijian utuh.

Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan serat sehingga kesehatan metabolisme akan terjaga. Setelah metabolisme terjaga dengan baik dampaknya peredaran darah akan lebih lancar.

2. Pilih bahan makanan tanpa lemak

Konsumsi makanan sehat menjadi kunci utama untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan tekanan darah. Menurunkan konsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi diakui menjadi cara untuk mendapatkan berbagai macam kesehatan untuk tubuh.

Hal ini diakibatkan oleh konsumsi lemak yang berlebihan akan membuat lemak-lemak tersebut mengendap di dalam tubuh. Efeknya lemak yang menggumpal akan menyumbat saluran peredaran darah dan memicu tekanan darah menjadi melonjak.

Baca juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT