Ragam Soto Luar Jawa

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy

Devi Setya - detikFood
Rabu, 24 Nov 2021 15:00 WIB
Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy
Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

2. Menggunakan ayam kampung

Mirip dengan beberapa soto khas Jawa, soto Banjar juga disajikan dengan isian ayam kampung. Bisa dibilang, ayam kampung ini merupakan bahan utama dalam seporsi soto Banjar.

Ayam ini lebih dulu direbus bersama jahe, daun salam dan garam hingga matang. Kemudian ayam diangkat dan kaldu rebusan ayam ini nantinya diolah kembali untuk disajikan sebagai kuah soto.

Ayam kemudian disuwir-suwir untuk dicampurkan dalam soto. Pelengkapnya ada mie soun, irisan daun bawang, daun seledri, telur bebek rebus dan perkedel.

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih CreamySoto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan yang Berkuah Gurih Creamy Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi

3. Berkuah bening


Soto Banjar memiliki rasa yang gurih sedap. Meskipun saat ini, soto Banjar sedikit mengalami perubahan karena banyak yang menyajikannya dengan kuah keruh. Karena ditambahkan susu dalam kaldunya.

Kuah bening dari soto Banjar ini dibuat dengan bumbu bawang putih, bawang merah, jahe, serai, daun salam hingga lengkuas. Bumbu ini dihaluskan lalu ditumis sebelum dicampur dengan kuah kaldu rebusan ayam kampung.

Soto Banjar juga dibuat dengan campuran rempah aromatik seperti pala, kayu manis, cengkeh dan kapulaga. Uniknya bumbu halus dan rempah dibungkus kain kasa putih saat direbus sehingga kaldunya tetap bersih. Inilah yang membuat soto Banjar jadi harum serta memiliki rasa khas.



Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]