Cara Memasak Cumi Asin Agar Tidak Alot dan Enak Rasanya

Odilia WS - detikFood
Sabtu, 09 Okt 2021 10:00 WIB
ikan asin populer
Foto: Detikfood

3. Cara Merebus Cumi Asin

Cumi asin bisa direndam dalam air panas atau mendidih dan didiamkan hingga air dingin lalu dibilas air bersih. Tetapi cara ini tidak bisa menghilangkan lapisan garam di dalam badan cumi. Karena itu sebaiknya cumi asin direbus sebelum dimasak.

Didihkan air secukupnya dalam panci lalu masukkan cumi asin dan masak hingga mendidih. Angkat cumi dan buang air perebusnya. Ganti dengan air bersih dan didihkan serta rebus kembali cumi.

Proses ini untuk mengurangi kandungan garam cumi asin. Selanjutnya rebus cumi hingga benar-benar lunak. Angkat cumi, tiriskan dan dinginkan. Setelah itu cabuti atau bersihkan tulang lunak cumi. Jika berukuran besar bisa dipotong-potong sesuai selera.

10 Olahan Cumi Sedap Buat Makan Bareng KeluargaCara Memasak Cumi Asin. Foto: detikfood/iStock

4. Paduan Bumbu

Untuk cumi asin yang paling cocok dipadukan dengan bumbu yang pedas berempah. Seperti bumbu cabe hijau atau cabe rawit merah. Siapkan bumbunya, tumis atau masak hingga matang dan harum lalu masukkan cumi.

Jika perlu bisa ditambahkan sedikit air dan masak hingga bumbu meresap dan mendidih. Tambahkan air jeruk nipis atau jeruk limau untuk membuat rasa cumi lebih segar.

Kalau kamu ingin membuat Sambal Cumi Asin Petai, bisa melihat resepnya di sini. Atau sambal cumi kecombrang bisa kamu lihat bumbu dan cara membuatnya di resep berikut ini.



Simak Video "Cita Rasa Bakso Gepeng Tebet yang Jadi Langganan Artis"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)