5 Aksi Donasi Makanan Gratis di Tengah Pandemi yang Menginspirasi

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 15:00 WIB
Rumah Makan Gartis untuk menolong sesama Foto: Twitter @rumahmkngratis
Jakarta -

Masih banyak orang baik yang peduli pada sesama di masa sulit. Seperti lima kisah berbagi makanan yang dilakukan oleh restoran hingga komunitas.

Di masa pandemi Covid-19 banyak sekali orang-orang yang mengalami kesulitan. Penurunan pendapatan hingga pemberhentian pekerja banyak terjadi karena kesulitan yang juga dialami oleh banyak pelaku bisnis.

Akibat dari masa sulit ini, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan mencatat adanya peningkatan angka kelaparan yang terjadi di seluruh dunia. Sejak awal masa pandemi saja dilaporkan sudah ada peningkatan sebanyak 18% atau setara dengan 118 juta orang yang mengalami kelaparan.

Donasi berupa makanan dan sumbangan bahan pokok menjadi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat luas terutama mereka yang kekurangan dan tak lagi bisa bekerja. Ternyata masih ada orang baik yang berbesar hati untuk menyediakan dan membagikan makanan-makanan gratis bagi orang-orang yang kekurangan.

Berikut ini 5 kisah berbagi makanan gratis di masa pandemi:

warung makan gratis di pekalonganwarung makan gratis di pekalongan Foto: detikFood/Robby Bernardi

1. Warung Makan Beri 150 Porsi Gratis

Berbeda dengan warung makan yang kebanyakan justru tutup akibat pandemi, warung makan yang satu ini justru bagikan ratusan makanan gratis. Warung makan yang bernama Roemah Makan Rakjat, justru sediakan hingga 150 porsi makanan gratis setiap harinya.

Berlokasi di Pekalongan, rumah makan ini sudah sejak akhir tahun 2020 konsisten menyajikan makanan gratis setiap harinya. Makanan-makanan gratis ini akan disajikan pada saat waktu makan siang dan boleh dinikmati oleh siapa saja yang membutuhkan bantuan untuk makan.

Berawal dari 150 porsi ternyata kebaikan hati pemilik warung ini disambut baik oleh masyarakat sekitar dan orang baik yang berkenan untuk ikut donasi. Bahkan Roemah Makan Rakjat ini pernah menyajikan hingga 450 porsi yang dibantu melalui donasi dari orang-orang baik lainnya.

Baca juga: Keren! Warung Makan Ini Berikan 150 Porsi Makanan Gratis Tiap Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com