Bukan Untuk Bus, Halte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran Gratis

Devi Setya - detikFood Jumat, 18 Des 2020 19:00 WIB
Halte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran Gratis Foto: instagram @kitabisacom/@katupadumai
Jakarta -

Umumnya halte dijadikan tempat untuk naik bus, tapi beda dengan Halte Sedekah. Di sini adalah pusat pembagian makanan dan sayuran gratis untuk warga kurang mampu.

Halte Sedekah ini tak berbeda dengan halte bus biasa. Berada di pinggir jalan dan dilengkapi atap untuk melindungi orang yang ada di halte. Tapi bedanya, di halte ini tak akan ada bus atau transportasi umum yang berhenti.

Di halte ini ada tumpukan makanan dan bahan masakan yang dikemas dalam plastik. Semua makanan ini nantinya akan dibagikan secara gratis.

Halte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran GratisHalte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran Gratis Foto: instagram @kitabisacom/@katupadumai

Dilihat dari unggahan foto di akun instagram @kitabisacom, halte ini dibuat atas inisiasi Ibu Sujiyati. Berlokasi di depan Balai Desa Palbapang dan di depan Balai Desa Kebonagung, Yogyakarta, halte ini rutin menjadi tempat berbagi.

Halte Sedekah sudah beroperasi sejak Juli 2020 sebagai salah satu upaya untuk membantu orang-orang yang terdampak pandemi corona. Di sini setiap harinya ada ratusan bungkus makanan yang dibagikan untuk warga kurang mampu.

Bukan hanya nasi dan lauk matang, khusus setiap hari Jumat akan dibagikan bahan masakan yang terdiri dari sayur, lauk hingga bumbu yang bisa diolah di rumah masing-masing.

"Saya masih suka gak nyangka, ternyata nasi yang sebungkus ini ada yang menanti. Kita jadi semangat buat lanjutin Halte Sedekah ini," kata Ida, salah satu pengurus Komunitas KATUPADUMAI.

Bukan hanya jadi tempat untuk berbagi, Halte Sedekah ini juga bisa jadi wadah untuk para donatur yang ingin memberi sumbangan. Siapapun dipersilahkan untuk menaruh dan membagikan makanan di halte ini.

Katupadumai sendiri merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial. Setiap anggota komunitas ini memiliki kegiatan untuk menggalang dana yang nantinya akan disalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan.

Halte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran GratisHalte Ini Bagikan Makanan dan Sayuran Gratis Foto: instagram @kitabisacom/@katupadumai

"Yang begini nih, yang tetap menghangatkan hati meski banyak hal sulit yang kita lalui," kata netizen.

"Aduh aku kalo liat bgini, mewekkk bnerr,terima kasih ya Allah ternyata masih bnyak org baik didunia ni," sahut netizen.

"Ditempatku juga udah ada, dah 1th yang lalu. 3th yll modelnya warung barokah, disimpan di etalase berupa makan siap saji," beber netizen yang juga menemukan aksi serupa.



Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com