Warga Tak Mampu Bisa Dapat Beras Gratis yang Diantar ke Rumah

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 18:30 WIB
beras gratis ACT Foto: instagram ACT
Jakarta -

Dampak COVID-19 semakin luas, warga yang terdampak pun makin banyak. Tapi ada layanan keren yang siap antar beras sampai ke rumah warga.

Gagasan mengirim beras ke rumah warga ini digerakkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Organisasi sosial ini punya beragam cara unik untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak virus Corona.

Orang-orang yang memiliki penghasilan harian tentu sangat merasakan dampak pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah. Apalagi kondisi ini diperparah dengan banyaknya perusahaan yang memilih untuk merumahkan karyawannya.

beras gratis ACTberas gratis ACT Foto: instagram ACT


Baca juga : Banyak Orang Baik! Ada Layanan Warteg Gratis Selama Masa Karantina


Penyaluran bantuan bagi orang-orang tak mampu ini terus digelontorkan oleh berbagai pihak. Salah satunya ACT yang aktif memberikan bantuan. Sebelumnya, organisasi ini membuat program Warteg Gratis yang menyajikan makanan gratis untuk warga yang membutuhkan.

Kini ada lagi cara unik untuk menyalurkan bantuan dari ACT yakni mengantarkan beras gratis untuk warga. Warga tidak perlu datang ke satu tempat, cukup menghubungi nomor yang ditentukan lalu menunggu di rumah. Relawan ACT akan mengantarkan beras ke rumah warga.

"Bagi warga yang tidak mempunyai uang untuk membeli beras bisa menghubungi layanan Humanity Careline Aksi Cepat Tanggap (ACT). Khususnya bagi warga yang terdampak pandemi virus corona saat ini," tulis keterangan dalam instagram yang dibagikan @balaitani.

beras gratis ACTberas gratis ACT Foto: instagram ACT


Beras gratis ini akan langsung diantarkan ke alamat tujuan. Masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 0800-1-165-228 untuk kemudian dilakukan proses pendataan. Sambungan telepon ini gratis jadi warga tidak perlu khawatir soal beban pulsa.

Pihak ACT siap melayani panggilan telepon dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sementara hari sabtu, mereka membuka layanan hanya hingga pukul 15.00 WIB. Operator ACT akan mengkonfirmasi beberapa hal.

Warga diminta untuk jujur terkait kondisi yang dialami agar bantuan beras gratis ini bisa sampai ke targetnya. Setelah itu, beras akan diantarkan ke alamat penerima.

Program 'Humanity Careline' yang dibesut ACT ini telah mulai berjalan sejak 17 April 2020 dan masih terus berjalan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hingga saat ini setidaknya ada 1000 kantung beras dengan kemasan 5 kg yang sudah disalurkan untuk warga.

Program ini berlaku untuk warga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Kedepannya, diharapkan program pengantaran beras ini bisa diterapkan ke lebih banyak masyarakat di kota lainnya.

beras gratis ACTberas gratis ACT Foto: instagram ACT


Baca juga : Keren! Di Tangerang Ada ATM Beras Untuk Warga Kurang Mampu


Berbagai tanggapan netizen meramaikan unggahan ini. Banyak yang mengapresiasi bantuan beras gratis ini dan berharap bisa merambah ke daerah lain.

"Min tolong di kota Semarang juga. Banyak tukang batu, tukang becak, supir truk, supir angkot nggak makan setiap hari. Nggak dapat bantuan," ujar netizen.

"Alhamdulillah, semoga tepat sasaran," respon netizen.

"Semoga bisa ada di seluruh Indonesia ya. Karena banyak yang mengalami kesulitan. Semangat ACT," sahut netizen.



Simak Video "Legitnya Nasi Tueh Khas Sibolga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)