Keren! Warung Makan Ini Berikan 150 Porsi Makanan Gratis Tiap Hari

Robby Bernardi - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 14:11 WIB
warung makan gratis di pekalongan Foto: detikFood/Robby Bernardi
Jakarta -

Di saat pandemi corona banyak warung makan tutup. Tetapi warung makan ini justru tiap hari gratiskan 150 porsi makanan buat pengunjung.

Nyaris setahun pandemi corona berlangsung dan banyak restoran legendaris, kafe hingga warung makan di dunia tutup permanen. Karena sepi pengunjung dan kehabisan modal.

Kisah menarik justru datang dari 'Roemah Makan Rakjat' yang berada di Jalan Kusuma Bangsa, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Rumah makan ini memang sudah empat bulan terakhir ini membuka layanan makan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan. Buka setiap hari tetapi selepas jam makan siang, langsung habis.

Kristina Maya, pengelola rumah makan ini, menyebut, rumah makan yang dirintis oleh ibu-ibu di Kelurahan Panjang Wetan ini, memang ditujuka untuk kaum dhuafa, warga terdampak Corona maupun banjir.

warung makan gratis di pekalonganwarung makan gratis di pekalongan Foto: detikFood/Robby Bernardi

"Sudah empat bulan rumah rakyat ini berjalan. Warung makan ini ada dari kepedulian kita semua di tengah pendemi corona, dan banjir yang kerap terjadi di Kota Pekalongan," kata Maya saat ditemui detikcom, Rabu (03/02).

"Alhamdulillah, semakin banyak donasi yang membuat porsi kami setiap harinya bertambah," tambahnya.

Dalam sehari, warung ini menyedikan rata-rata 150 porsi makanan. Namun, untuk beberapa hari ini, mereka bahkan membuat 450 porsi makanan.

"Rata-rata per hari habis 150 porsi. Dan terakhir tadi kita naikan menjadi tiga kali lipatnya. Alhamdulillah karena banyak orang yang mampu menitipkan ke kita untuk kita kelola," jelasnya.

Namun, biasnaya warung makanya akan tutup pada siang hari, usai jam makan siang, karena habis.

"Biasanya, siang sudah habis," katanya.

warung makan gratis di pekalonganwarung makan gratis di pekalongan Foto: detikFood/Robby Bernardi

Warung makan ini, bukan tidak bersyarat. Bagi warga yang makan di warung ini, ada syarat yang harus dilakukan. Apa saja itu?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makan di Warung Ini Gratis Bagi yang Terdampak Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com