Inspiratif! Komunitas Ini Bagikan 100 Paket Sarapan Tiap Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 23 Jan 2021 09:00 WIB
Gerakan Berbagi Sarapan untuk yang Membutuhkan Foto: Instagram @berbagisarapanofficial
Jakarta -

Program bantuan dengan membagikan makanan gratis sangat menginspirasi. Salah satunya dilakukan oleh Yayasan Visi Maha Karya bertajuk 'Berbagi Sarapan'.

Sarapan adalah langkah awal untuk menjalankan aktivitas seharian. Karena bukan hanya mengisi perut yang lapar, melainkan juga bisa memberi energi dan semangat.

Mengingat betapa pentingnya sarapan, Komunitas 8 Berbagi di bawah naungan Yayasan Visi Maha Karya membuat program atau gerakan 'Berbagi Sarapan'. Adanya gerakan ini bermaksud membantu mereka yang 'membutuhkan' di tengah pandemi.

Rifky Haifany Rakhman selaku salah satu pendiri gerakan tersebut menyebutkan kalau gerakan ini sudah ada sejak Mei 2020. Ia melihat karena saat itu banyak orang yang pendapatannya menurun sejak adanya pandemi Covid-19, bahkan sampai di PHK. Atas dasar itulah ia beserta tim mencetuskan gerakan ini.

Gerakan Berbagi Sarapan untuk yang MembutuhkanGerakan Berbagi Sarapan untuk yang Membutuhkan Foto: Instagram @berbagisarapanofficial

"Ekonomi masyarakat Indonesia pada saat itu langsung menurun drastis lah intinya seperti itulah. Ide apa nih yang bisa kita lakukan untuk kami dedikasikan untuk masyarakat Indonesia. Akhirnya, gimana kalau berbagi sarapan saja," ujar Rifky Haifany Rakhman kepada detikFood (22/1) via telepon.

Baca Juga: Inspiratif! Pria Ini Dirikan Rumah Makan Gratis untuk Menolong Sesama

Awalnya gerakan ini menggunakan modal sendiri yang didapatkan dari hasil patungan para anggota selama 2 bulan. Tapi, setelah itu mereka mencari donatur via media sosial dan iklan Facebook.

Gerakan ini mulai membagikan sarapan sekitar pukul 6.00-10.00 WIB. Jumlah paket sarapan yang mereka bagikan setiap harinya sebanyak 100 paket makanan.

Gerakan Berbagi Sarapan untuk yang MembutuhkanGerakan Berbagi Sarapan untuk yang Membutuhkan Foto: Instagram @berbagisarapanofficial

Walaupun membagikannya secara cuma-cuma, tetapi mereka tetap memerhatikan soal kualitas makanannya. Mereka juga memerhatian setiap nutrisi di setiap makanannya.

"Di masa Covid kayak gini kan tentunya orang-orang perlu ya makanan sehat, jadi kita serius banget memerhatikan masalah gizinya," ucap Rifky Haifany Rakhman.

"Jadi kita ada standarisasinya, ada 4 komponen. Yaitu harus ada karbohidratnya, protein hewani, protein nabati, dan sayur-sayuran. Kita juga ada kasih air mineral. Jadi itu cukup menunjang lah," lanjutnya.

Gerakan Berbagi Sarapan untuk yang MembutuhkanGerakan Berbagi Sarapan untuk yang Membutuhkan Foto: Instagram @berbagisarapanofficial

Makanan yang mereka bagikan ini juga dimasak langsung oleh komunitas tersebut. Tentu saja dengan standarisasi kebersihan yang baik.

Saat ini, gerakan Berbagi Sarapan telah membagikan paket sarapan gratis kepada warga yang membutuhkan di dua daerah yaitu sekitar Jakarta dan Yogyakarta. Sampai saat ini total sarapan gratis yang sudah dibagikan sebanyak 9.000 boks.

Gerakan Berbagi Sarapan juga membuka donasi untuk siapapun yang ingin ikut berbagi. Jika ingin membantu, kamu bisa kunjungi akun Instagram @berbagisarapan official atau alamat website wajahbaik.com/berbagisarapan/.

Baca Juga: Inspiratif! Satu Keluarga Bagikan 100 Porsi Makanan Gratis Tiap Hari



Simak Video "Siap ke Industri, Ditjen Vokasi Targetkan Prodi D3 Beralih ke D4"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com