Masakan Rumahan

5 Resep Ikan Asin Murah Meriah yang Bikin Ketagihan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 16:01 WIB
ikan asin sambal rawit Foto: detikcom
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
Jakarta -

Memasuki tanggal tua, menu masakan ikan asin yang sederhana di rumah bisa diolah menjadi makanan enak yang bikin nagih. Cara membuatnya juga sederhana.

Rasanya enak dan bikin makan semakin lahap, menu ikan asin memang tidak pernah buat bosan. Masakan rumahan yang satu ini juga bisa jadi pemadam kelaparan di tanggal tua.

Biar menu ikan asin semakin meriah, ada beberapa resep praktis yang mudah dibuat di rumah. Seperti ikan asin peda yang dimasak jadi menu orak-arik, dengan tambahan petai dan irisan cabe yang nampol pedasnya.

Kemudian ada juga tumis ikan peda yang sedikit basah, dengan tambah bawang merah hingga bawang putih yang harum banget.

Berikut lima rekomendasi resep ikan asin mantap dari detikFood yang bisa dimasak di rumah.

1. Ikan Goreng Tumis Kecombrang

Ikan Goreng Tumis KecombrangIkan Goreng Tumis Kecombrang Foto: detikfood

Paduan kecombrang yang ditumis dengan cabai, membuat rasa ikan asin yang satu ini semakin spesial. Cukup siapkan ikan asin sepat, dengan tambahan tepung beras agar tekstur ikan sepat lebih krispi dan renyah saat digoreng.

Bumbu tumisannya juga mudah sekali dibuat, dan tidak memerlukan waktu lama. Seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah dan putih, dan bunga kecombrang. Semua bahan ini ditumbuk kasar, kecuali bunga kecombrang yang diiris halus.

Setelah ikan asin sepat digoreng, tumis semua bumbu kasar hingga wangi. Lalu masukan kecombrang dengan tambahan terasi dan garam. Lengkap dengan minyaknya, kemudian tumis bersama ikan asinnya. Menu spesial ini siap disantap dengan nasi putih hangat. Cek resep lengkapnya di sini.

2. Orak-arik Peda Petai

orak-arik peda petaiorak-arik peda petai Foto: detikfood

Bosan dengan penampilan ikan asin yang itu-itu saja? Resep ikan asin yang satu ini dijamin bikin yang lihat ngiler. Namanya orak-arik peda petai, sesuai namanya hidangan ini menggunakan bahan utama ikan asin peda.

Ikan asin peda yang sudah dibersihkan dikukus sampai lunak, lalu disuwir seperti daging ayam. Kemudian tumis dengan berbagai bahan seperti bawang, cabai, wortel, buncis tak ketinggalan petai.

Agar rasanya lebih mantap, dan tekstur peda lebih lembut tambahkan kocokan telur yang dituang langsung di atas tumisan. Hasilnya tampilan penuh warna dari ikan asin peda, sayuran, petai dan telur bikin yang lihat langsung lapar. Cek resep lengkapnya di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ikan Asin Peda Penggungah Selera "
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
FOKUS BERITA Masakan Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com