Roti Manis Kekinian

Japanese Milk Bun, Roti Kasur Jepang yang Super Lembut dan Fluffy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 26 Agu 2020 18:00 WIB
Rekomendasi Japanese milk bun Foto: Instagram bunbutter.id
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Jepang punya roti kasur yang kini tengah hits di Indonesia, Japanese milk bun. Ciri khasnya ada pada tekstur yang super lembut dan rasa susu yang kuat.

Roti kasur merupakan varian roti Indonesia klasik yang tak surut penggemar hingga kini. Berupa adonan roti yang dibentuk bulat lalu disusun dalam loyang segi empat sehingga tampilannya seperti roti kapuk.

Di Jepang, ada varian serupa roti kasur Indonesia yang dikenal dengan nama Japanese milk bun atau Hokkaido milk bread. Roti ini sekarang tengah viral di Indonesia.

Banyak orang tertarik mencoba roti kasur khas Jepang ini. Sebenarnya apa itu Japanese milk bun? Seperti apa tekstur, rasa dan variannya?

detikFood merangkum fakta Japanese milk bun seperti berikut:

1. Asal muasal roti

Japanese milk bunJapanese milk bun Foto: Getty Images/iStockphoto/buddyb76

Japanese milk bun tak selalu berbentuk seperti roti kasur. Ada juga yang bentuknya seperti roti tawar biasa. Dikenal dengan nama lain Japanese milk bread, roti ini konon muncul pada abad 20 di Jepang menurut NY Times.

Ciri khasnya tentu saja ada pada penggunaan susu yang lebih banyak dibanding roti biasa. Rasanya manis ringan dengan tekstur sangat empuk dan lembut. Tekstur ini bahkan tidak berubah meski roti disimpan di suhu ruang selama 3-4 hari.

Meski kerap disamakan dengan roti kasur, Japanese milk bun dibuat dengan metode berbeda yaitu menganut unsur-unsur pembuatan roti yang di Jepang. Hal ini dijelaskan Cindy pada detikFood (25/8). Ia adalah pemilik usaha Mille Treats yang menjual Japanese milk bun sebagai menu utamanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kisah Baker Japanese Milk Bun: Gabut Karantina hingga Kebanjiran Pesanan"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com