Tiwul hingga Gatot, 5 Makanan Tradisional Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 08:00 WIB
horok-horok camilan khas Jepara Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jakarta -

Selain nasi, ada beberapa makanan tradisional yang juga mengenyangkan. Diantaranya tiwul hingga gatot yang terbuat dari singkong dengan tekstur kenyal.

Makanan pengganti nasi haruslah mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karena kandungan tersebut yang bisa mengenyangkan dan menambah energi untuk beraktivitas. Makanan pengganti nasi ini biasanya terbuat dari singkong, ubi, ataupun jagung.

Ada beberapa makanan tradisional khas Indonesia yang bisa dijadikan pengganti nasi. Seperti tiwul yang terbuat dari singkong kering (gaplek), nasi jagung, gatot berasal dari singkong dengan tekstur kenyal, hingga horok-horok khas Jepara.

Beberapa makanan tersebut sudah pasti bisa mengenyangkan. Ada yang disantap bersama lauk seperti urapan sayur, tempe goreng, hingga sambal. Namun ada juga yang disantap dengan gula merah dan taburan kelapa.

Berikut 5 makanan tradisional yang bisa dijadikan pengganti nasi.

1. Tiwul

Fakta Seputar TiwulFakta Seputar Tiwul Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Tiwul merupakan makanan tradisional yang berasal dari tanah Jawa. Banyak ditemui di kawasan Wonogiri, Pacitan, Gunung Kidul, dan sekitarnya. Makanan ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi dalam sehari-hari.

Terbuat dari singkong, pastinya tiwul bikin kenyang. Singkong yang digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu atau biasa disebut dengan gaplek. Kemudian gaplek tersebut dihaluskan hingga menjadi butiran mirip seperti tepung. Setelah menjadi butiran, tiwul harus dibersihkan terlebih dahulu dan barulah dikukus.

Untuk menikmatinya bisa dengan paduan asin dan manis. Untuk olahan asin bisa disantap bersama urapan sayur, tempe goreng, ikan asin, sambal, atau lainnya. Lalu untuk kudapan manis bisa ditambahkan gula Jawa dan taburan kelapa. Dulunya tiwul dijadikan makanan sehari-hari pengganti nasi saat penjajahan Jepang.

Baca Juga: 5 Fakta Tiwul, Olahan Singkong Pengganti Nasi Favorit Masyarakat Jawa

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Mudah! Membuat Pizza ala Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]