9 Tempat Makan Enak di Bogor yang Wajib Dicoba

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 01 Jan 2020 11:00 WIB
Tempat Makan Enak di Bogor. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Jalan-jalan ke Bogor tentu tak lengkap tanpa menikmati kulinernya yang nikmat. Ada restoran hingga warung-warung yang sediakan menu enak dan dijamin bikin ketagihan.

Kota hujan dikenal dengan segudang kulinernya yang nikmat. Bogor punya sajian toge goreng, ayam goreng basah, sambal dadak, nasi liwet hingga cungkring yang nikmat.


Tempat makan enak di Bogor tersebar mulai dari sekitaran stasiun Bogor hingga ke bagian kota. Penasaran? Berikut deretan kuliner enak asal Bogor yang tsadeest abiss dan wajib kamu coba:


1. Warung Laksa Pak Inin

Sajian laksa enak di Bogor.Sajian laksa enak di Bogor. Foto: dok. detikFood

Tempat makan enak di Bogor untuk keluarga yang bisa kamu coba adalah Warung Laksa Pak Inin. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1965. Menempati bangunan sederhana, laksa Bogor diracik dengan potongan ketupat, tauge, sedikit oncom dan bihun.

Disiram dengan kuah laksa rasanya gurih manis. Aroma daun kemangi membuat sajian ini makin nikmat. Semakin komplet saat dipadu dengan telur rebus dan kerupuk. Seporsi laksa dengan telur rebus dibandrol dengan harga Rp 10 ribu-an.

Warung Laksa Pak Inin

Jl. Raya Cihideung, Kampung Cijeruk, Desa Palasari RT 02/2
Cijeruk, Bogor
Telepon: 081297305335
Buka tiap hari (Kecuali Jumat)
Jam: 09.00-16.00 WIB



2. Kedai Mie Gumurih

Soto mie enak di Bogor.Soto mie enak di Bogor. Foto: dok. detikFood

Tempat makan enak di Bogor kota bisa kamu pilih di kawasan Surya Kencana. Jika sedang berada di kawasan ini, kamu bisa mendapati soto mie halal di Kedai Mie Gumurih.

Racikan soto mienya terdiri dari irisan risol besar, irisan daging sapi, kol, lobak serta taburan bawang goreng. Enak disantap hangat-hangat. Harga semangkuk mie kocok dibandrol dengan harga Rp 39 ribu-an.

Kedai Mie Gumurih

Jl. Surya Kencana No. 311, Bogor Timur, Bogor
Telepon: 0251 4295200



3. Kupat Tahu 405 Doclang

Doclang Bogor.Doclang Bogor. Foto: detikfood

Tempat makan enak di Bogor dekat stasiun salah satu yang bisa kamu cicip adalah Kupat Tahu 405 Doclang. Dibungkus dengan daun patat, doclang berisi potongan keupat, kentang goreng, tahu kuning goreng dan telur. Kemudian dilumuri dengan saus kacang yang gurih.

Harganya sangat terjangkau. Seporsi doclang ini dibandrol dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu-an. Doclang ini buka 24 jam lho.

Kupat Tahu 405 Doclang lokasinya ada di depan Toko Terang di dekat kawasan Jembatan Merah. Cukup berjalan kaki dari Stasiun Bogor.


4. Toge Goreng H. Gebro

Toge goreng H. Gebro.Toge goreng H. Gebro. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Suka toge goreng? Kamu bisa mencoba toge goreng yang legendaris. Sudah ada sejak tahun 1943, toge goreng H. Gebro masih jadi idola. Toge gorengnya dibuat dengan campuran mie kuning, oncom dan bumbu kacang dengan paduan tauco.

Harga seporsi toge goreng dibandrol dengan harga Rp 15 ribu. Mau coba?


Toge Goreng H. Gebro
Jl. Pengadilan, Depan Irian Motor
Dekat Pasar Anyar, Bogor


5. Gurih 7

Gurih 7.Gurih 7. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Kumpul bersama keluarga di Bogor enaknya mampir ke restoran ini. Suasananya asri dengan gemericik air terjun membuat suasana semakin nyaman. Ada banyak menu makanan yang bisa kamu coba di sini. Ada sate maranggi, ayam bekakak goreng, sop iga kedondong dan ulukuteuk leunca.

Tertarik mencoba?

Gurih 7
Jalan Raya Pajajaran No. 102
Bantarjati, Bogor (Dekat Warung Jambu)
Telp: (0251) 8317889


6. Talaga Kuring

Talaga Kuring.Talaga Kuring. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Lokasinya ada di tepi danau Sentul, Bogor. Beberapa menu yang jadi andalan restoran ini adalah ikan gurame, udang, karedok, hingga pepes oncom. Karedoknya dibuat dari aneka sayuran segar yang diaduk dengan bumbu kacang plus kencur. Enak dipadu bersama dengan kerupuk.

Sedangkan ikan gurame berbumbu kuning dicampur dengan irisan cabai rawit, tomat dan daun bawang. Enak sebagai teman makan nasi.


Talaga Kuring

Komplek Graha Utama
Jl. Bukit Sentul, Cijayanti, Babakan Madang
Bogor, Jawa Barat
Telepon (021) 22930239


7. Nasi Dulang Rahmawati

Nasi Dulang Rahmawati.Nasi Dulang Rahmawati. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Nasi Dulang Ibu Rahmawati menyajikan berbagai hidangan rumahan yang enak. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, tutut, jengkol balado, tumis daun pepaya hingga rempeyek udang.

Enak disantap dengan aneka lalapan dan juga sambal. Dari sekian banyak jenis sambal, yang paling populer adalah sambal dadak dengan paduan buah gandaria. Rasanya pedas dan mantap!


Nasi Dulang Cianjur Rahmawati
Gedung Wisata Kuliner
Jalan Raya Bina Marga No. 1 B
Baranangsiang, Bogor



8. Boper

Es Sekoteng, Boper.Es Sekoteng, Boper. Foto: Istimewa

Dikawasan Bogor Permai kamu bisa mencicip es sekoteng enak. Es ini berisi limpahan biji delima, serutan kelapa muda dan potongan alpukat. Diberi serutan es, sajian es sekoteng ini disiram dengan kuah manis yang dibuat dari sirup dan susu.

Selain es sekoteng, kamu juga bisa mencoba siomay. Seporsi es sekotengnya dibanderol sebesar Rp 15.000 sedangkan siomaynya dibanderol sebesar Rp 23.000.


9. Cungkring Pak Jum'at

Cungkring Pak Jum'at.Cungkring Pak Jum'at. Foto: dok. detikFood

Cungkring merupakan sajian yang dibuat dari 'cungur' alias bibir dan kaki garingan sapi. Pak Jum'at sudah mengolah cungkring sejak tahun 1975. Kaki sapi dicampur dengan lontong dan saus kacang.

Cungkring Pak Jum'at buka pada pukul 9 pagi hingga 5 sore. Seporsi cungkring dijual dengan harga Rp 16 ribu per porsi.

Kalau ingin mencicip cungkirng Pak Jum'at kamu bisa mampir ke Jalan Suryakencana, Bogor.






Simak Video "Istimewa! Bakso Setan Bogor yang Beratnya 500 Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)