Kuliner Bogor: 5 Rekomendasi Toge Goreng Enak di Kota Hujan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 11:00 WIB
Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Toge goreng adalah salah satu kuliner khas Bogor. Dibuat dari paduan tauge rebus, mie kuning, dan tahu yang enak disiram bumbu tauco!

Ada banyak kuliner enak untuk kamu coba saat di Bogor. Kalau mau yang tradisional, toge goreng bisa jadi pilihan.

Meski disebut toge goreng, uniknya kuliner Bogor ini tidak digoreng tapi direbus. Untuk membuatnya, toge segar direbus sebentar dengan sedikit air.

Selanjutnya toge rebus ini ditambahkan ketupat, tahu kuning, dan mie kuning. Terakhir barulah toge goreng disirami bumbu tauco yang gurih manis.

Konon menu ini mendapat pengaruh dari China dan Eropa. Berawal dari orang China yang terinspirasi sajian spaghetti orang Eropa saat jamuan makan.

Orang China lalu membuat 'spaghetti' sendiri yang tampilannya lebih seperti mie. Kemudian mereka menggabungkannya dengan toge hingga terciptalah toge goreng pada abad ke-18.

Di Bogor ada beberapa penjual toge goreng yang terkenal enak. Lima tempat makan toge goreng ini termasuk di antaranya:

1. Toge Goreng Pak Iwon

toge gorengKuliner Bogor: 5 Rekomendasi Toge Goreng Enak di Kota Hujan Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Di Jalan Raya Padjajaran, tepatnya depan Toserba Ngesti Baranangsiang, ada tempat makan toge goreng yang terkenal enak. Namanya Toge Goreng Pak Iwon yang buka mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam.

Banyak orang menyukai toge goreng di sini karena sensasi togenya yang masih renyah ketika digigit. Kemudian mie yang dipakai juga kenyal dengan limpahan bumbu tauco dan kacang yang melimpah.

2. Toge Goreng Ibu Hj. Omah

Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden JokowiKuliner Bogor: 5 Rekomendasi Toge Goreng Enak di Kota Hujan Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Rekomendasi toge goreng enak ini termasuk yang legendaris. Hj. Omah sudah menjajakan toge goreng sejak tahun 1970 hingga sekarang. Racikan bumbunya merupakan resep turun-temurun.

Gerai Hj. Omah bisa kamu sambangi di Jalan Jenderal Sudirman No. 23A, Pabaton dan ada juga cabang di Pagelaran, Ciomas. Proses memasak toge goreng di sini masih menggunakan kayu bakar. Konon bumbu tauconya tercecap pas dan rasanya segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com