Talaga Kuring : Menikmati Gurame dan Pepes Oncom di Tepi Danau Sentul

Devi Setya - detikFood Jumat, 24 Mei 2019 11:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Di kawasan Sentul, Bogor ada restoran keluarga yang bisa jadi tujuan menghabiskan akhir pekan. Di sini bisa menyantap aneka sajian Sunda sebagai menu berbuka puasa.

Kawasan Sentul, Bogor bisa juga jadi destinasi wisata kuliner. Salah satu tempat santai yang bisa disambangi adalah Talaga Kuring, sebuah restoran Sunda yang terletak di pinggir danau.

Ada banyak pilihan area makan di restoran ini mulai dari lesehan saung apung, tempat makan outdoor di atas danau atau tempat makan indoor. Semilir angin menemani waktu makan di area yang terbilang luas.
Talaga Kuring : Menikmati Gurame dan Pepes Oncom di Tepi Danau SentulFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Kami pun mencoba memesan beberapa menu andalan di restoran ini. Ada Gurame Khas Talaga, Udang Bakar Madu, Karedok, Bakwan Jagung dan Pepes Oncom. Tak ketinggalan, kami juga memesan nasi liwet yang disajikan menggunakan kastrol.

Satu persatu menu pesanan kami tiba, aroma semerbak masakan Sunda yang gurih berbumbu langsung menggelitik selera. Pertama ada Gurame Khas Talaga (Rp 130 ribu) yang hadir dengan ukuran lumayan besar kira-kira beratnya 500-600 gram.

Sekilas menu ini mirip seperti ikan pesmol dengan bumbu kuning dan bertabur irisan cabai rawit, tomat dan daun bawang. Ikan gurame dimasak dengan cara digreng hingga renyah kemudian diguyur bumbu Khas Talaga yang gurih dan sedikit pedas.
Talaga Kuring : Menikmati Gurame dan Pepes Oncom di Tepi Danau SentulFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Daging ikan yang lembut berpadu dengan bumbu yang segar, makin enak dimakan dengan nasi putih. Oiya kalau suka pedas, coba santap dengan cabai rawit utuh yang rasanya dijamin nendang.

Selain ikan gurame, Udang Bakar Madu (Rp 95 ribu) juga tak kalah menggoda. Seporsi udang ini berisi empat tusuk udang berukuran cukup besar yang hadir dengan lumuran bumbu pedas manis.

Rasa manis dan tekstur lembut udang menjadi tanda kalau seafood ini masih segar. Apalagi ditambah dengan bumbu oles pedas manis selama proses pembakaran. Yummy!
Talaga Kuring : Menikmati Gurame dan Pepes Oncom di Tepi Danau SentulFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Tak hanya itu, restoran ini juga menawarkan karedok (Rp 15 ribu) yang rasanya klasik. Campuran mentimun, kol, kacang panjang dan aneka sayuran segar lain diaduk dengan bumbu kacang dan kencur yang gurih. Makin mantap lagi karedok dilengkapi dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk.
Talaga Kuring : Menikmati Gurame dan Pepes Oncom di Tepi Danau SentulFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Mau menu yang lebih khas Sunda? Coba pesan Pepes Oncom (Rp 15 ribu) yang rasanya sederhana tapi bisa mengobati kangen masakan rumah. Oncom merah yang dilumatkan ini dicampur aneka bumbu kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Pepes oncom semakin enak dimakan saat masih hangat. Semburat rasa pedas dan bumbu berlimpah membuat sajian ini makin enak.

Selain menu di atas, restoran ini juga menawarkan berbagai pilihan masakan Sunda lainnya. Ada Gurame Rica-rica, Gurame Pecak, Kerapu Saos Mangga, Sup Buntut hingga Sayur Asem.

Kalau berniat buka puasa di restoran ini, pastikan datang lebih awal karena peminat yang banyak membuat restoran ini ramai disambangi pengunjung terutama saat akhir pekan.

Talaga Kuring
Komplek Graha Utama
Jl. Bukit Sentul, Cijayanti, Babakan Madang
Bogor, Jawa Barat
Telepon (021) 22930239

(dvs/odi)