Ikan Asin Jadi Makin Enak Dibuat 5 Olahan Ini

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 07 Jul 2019 08:39 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Ikan asin yang disebut berbau amis nyatanya enak jika diolah dengan benar. Contohnya ikan kapas sambal hijau hingga nasi goreng jambal roti ini.

Daripada beli, olah sendiri ikan asin di rumah dengan rekomendasi resep detikFood ini. Anda bisa membuat ikan asin hijau, ikan sepat sambal kecombrang hingga tumis ikan asin rempah enak.

1. Ikan asin hijau

Ikan Asin Segar yang Tak Amis Enak Dibuat 5 Olahan IniFoto: detikFood

Ikan asin jenis kapas paling enak digoreng hingga garing. Lalu dipadu dengan sambal hijau yang pedas-pedas asam. Paduan keduanya pas disandingkan dengan nasi pulen hangat.

Ikan asin kapas renyah pedas asam ini tidaklah sulit dibuat. Namun jika ingin membuatnya tanpa gagal, ikuti resep berikut saja.


2. Nasi gurih ikan asin

Ikan Asin Segar yang Tak Amis Enak Dibuat 5 Olahan IniFoto: detikFood

Penggemar nasi pulen berlauk olahan ikan asin pasti suka dengan menu yang satu ini. Nasinya dipadu dengan tumisan ikan asin jambal roti.

Soal rasa, tumis ikan asin jambal roti punya rasa gurih yang khas. Makan nasi pakai menu ini dijamin bikin nagih. Yuk, buat sendiri nasi gurih ikan asin di rumah dengan resep ini.

3. Nasi goreng ikan asin

Ikan Asin Segar yang Tak Amis Enak Dibuat 5 Olahan IniFoto: detikFood

Kalau mau buat sajian praktis di akhir pekan ini, buat saja nasi goreng ikan asin. Ikan asin jambal roti yang dipotong kecil-kecil enak dijadikan campuran nasi goreng.

Kalau sedang ada daging ayam, tambahkan sedikit ke dalamnya. Makin enak dicampur tauge dan telur ayam. Bikin nasi goreng ikan asin enak dengan resep ini yuk.

4. Ikan asin tumis rempah

Ikan asin seperti sepat atau sileman enaknya diberi bumbu rempah segar yang ditumis dengan cabai. Rasanya pasti makin gurih, pedas sekaligus wangi. Cara membuatnya mudah, lho. Bahan yang digunakan pun mudah ditemui di pasar. Intip bahan dan proses pembuatannya di sini.

5. Ikan sepat asin sambal kecombrang

Ikan Asin Segar yang Tak Amis Enak Dibuat 5 Olahan IniFoto: detikFood

Siapa bilang ikan asin sepat hanya enak digoreng garing dan dicampur sambal bawang. Ikan ini juga enak dibalut sambal kecombrang yang asam segar. Penasaran bagaimana cara membuat menu berbahan ikan asin ini? Intip saja resep berikut.



Simak Video "Bikin Laper: Ikan Asin Peda Penggungah Selera "
[Gambas:Video 20detik]
(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com