Tempat Buka Puasa Asyik

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di Saung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 13:20 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Rumah makan berkonsep saung paling pas untuk kumpul bersama teman. Selain tempatnya nyaman, rumah makan ini tawarkan ragam menu tradisional enak.

Belum ada ide pilihan tempat buka puasa? Kalau sedang mencari, rumah makan berkonsep saung patut jadi pilihan. Rumah makan ini biasanya tawarkan menu khas Sunda yang menggugah selera. Lokasinya ada di beberapa tempat seperti kawasan Jakarta, Bekasi, Serpong, dan Bogor. Yuk, mampir!

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

1. Saung Rasa
Foto: Instagram saungrasa
Di kawasan Tebet ada rumah makan berkonsep saung yang punya banyak peminat. Namanya Saung Rasa dengan ciri tempat bersantap berupa saung bambu dan ada kolam ikan di tengahnya. Suasana rumah makan makin asri dengan kehadiran pohon pisang dan tanaman hijau.

Untuk makanan, Saung Rasa punya sop iga bakar yang jadi favorit. Bisa juga cicip karedok dan gurame saus Saung Rasa. Bagi yang mau liwetan, rumah makan ini juga menyediakannya dengan beragam pilihan lauk seperti ayam goreng, gurame bakar, dan daging gepuk.

Saung Rasa
Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 6A, Tebet
Telepon: 021 83797936

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

2. Saung Fitri
Foto: dok. detikFood
Bagi yang tinggal di Depok dan mau makan enak di saung, mampir saja ke Saung Fitri. Lokasinya ada di Depok Lama dengan area bersantap cukup luas. Nampak saung-saung bambu mengelilingi taman di bagian tengah untuk tempat bermain anak.

Soal menu, ragam menu Sunda buatan Saung Fitri wajib dicoba. Ada olahan ikan gurame, ikan mas, ayam goreng, ayam bakar, udang, dan daging sapi. Salah satu yang wajib dicoba adalah Gurame Sambal Mangga dengan limpahan saus merah asam plus irisan mangga muda.

Saung Fitri
Jl. Kartini No. 35, Pancoran Mas, Depok
Telepon: 021 77203470

Baca Juga: Saung Fitri: Renyah Pedas Gurame Sambal Mangga untuk Makan Siang

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

3. Saung Wulan
Foto: dok. detikFood
Jalan-jalan ke Tambun Selatan, Bekasi, mampirlah ke Saung Wulan yang asri di Jalan Abu Bakar. Rumah makan ini menghadirkan jejeran saung yang mengelilingi kolam ikan. Makan pun lebih istimewa sambil melihat pemandangan asri dan mendengar suara air di kolam.

Menu yang bisa dipesan di sini antara lain gurame goreng, cumi saus Padang, hingga kepiting asam manis. Adapula menu Asia populer seperti tom yam, sapo tahu hingga udang lada hitam. Untuk sayuran, menu tradisional seperti karedok hingga kangkung hotplate bisa jadi pilihan.

Saung Wulan
Jl Abu Bakar No.60, Setiadarma
Tambun Selatan, Bekasi
Telepon: 021 88337777

Baca Juga: Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

4. Talaga Kuring
Foto: Instagram makanhalalbogor
Talaga Kuring juga kerap jadi tujuan keluarga makan bersama. Pemandangannya indah dengan hamparan telaga luas. Area bersantapnya juga banyak seperti saung mengapung di atas telaga yang jadi primadona.

Pilihan makanan di Talaga Kuring antara lain gurame bumbu pesmol, ayam goreng, karedok, sop iga, lalapan dan juga sambal. Lebih praktis lagi, rumah makan punya paket bersantap untuk 10 orang yaitu Paket Talaga, Pasundan, dan Parahyangan. Pilihannya nasi liwet atau nasi putih dengan lauk gurame goreng, ayam bakakak, udang bakar madu, dan sayur asem.

Talaga Kuring
Komp. Graha Utama
Jalan Bukit Sentul, Cijayanti
Babakan Madang, Bogor

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

5. Gurih 7
Foto: dok. detikFood
Masih di Bogor, tepatnya dekat Warung Jambu, ada Gurih 7 yang punya saung asri. Bersantap di sini serasa ada di pedesaan dengan air terjun mini ada di dalamnya. Untuk makan di saung pun perlu melewati sungai berbatuan.

Gurih 7 menawarkan olahan ikan, ayam, daging, cumi, udang, pepes, nasi timbel, dan ragam sambal. Pilihan sambalnya ada sambal terasi dadak, sambal goreng terasi, sambal mangga dan sambal cibiuk. Pencinta ayam goreng wajib cicip ayam bekakak goreng di sini. Ayamnnya versi basah dengan citarasa gurih khas bumbu kuning.

Gurih 7
Jalan Raya Pajajaran No. 102
Bantarjati, Bogor (Dekat Warung Jambu)
Telepon: 0251 8317889

Baca Juga: Gurih 7: Raos Pisan! Ayam Goreng Basah Khas Sunda yang Gurih Lembut

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

6. Lubana Sengkol
Foto: dok. detikFood
Mau mancing sambil buka puasa enak? Mampirlah ke Lubana Sengkol di daerah kampung Sengkol, Tangerang Selatan. Anak-anak juga bisa bermain saat mampir ke sini. Sudah puas mancing dan main, bisa bersantap di saung-saung pinggir kolam.

Ragam olahan ikan dan seafood gaya Sunda bisa dicoba di sini. Mulai dari ikan gurame, nila, patin serta lele yang bisa dimasak goreng kering, goreng tepung, saus Padang, asam manis, hingga saus mangga. Ada juga pilihan lainnya seperti udang cah pete, ayam kremes, kerang hijau, sapo tahu, tumis kangkung hingga tumis buncis.

Lubana Sengkol
Jalan Hutama Karya KM. 1.5
Kp. Sengkol, Setu
Tangerang Selatan
Telepon: 082113365177

Baca Juga: Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih Segar

Di 7 Tempat Ini Bisa Berbuka Sambil Ngariung di SaungFoto: Istimewa

7. Bupe Resto
Foto: dok. detikFood
Bukit Pelayangan atau Bupe Resto pas jadi lokasi makan bareng keluarga. Tempat lesehannya unik, tersebar di beberapa undakan layaknya bukit. Area playground untuk anak juga cukup luas di sini.

Melirik menunya, Bupe memiliki beragam menu rumahan yang cocok dinikmati bersama. Ada Ayam Goreng Kalasan, Kangkung Seafood, Gurame Pecak, Gurame Abudabi hingga Sop Iga. Selain itu ada juga Wedang Jahe, Kelapa Muda hingga Sop Durian.

Resto Bukit Pelayangan
Jl. Cilenggang I No. 53 A
BSD, Tangerang Selatan
Telepon: 021 5382626

Baca Juga: Bupe Resto: Asyiknya Makan Gurame Saus Buah dengan Suasana Pebukitan

(adr/odi)