Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 11:15 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Buka puasa bareng keluarga makin menyenangkan dengan menyantap olahan ikan air tawar dan seafood lezat. Apalagi makannya sambil lesehan di dalam saung.

Jika sedang berada di wilayah Tambun Selatan, Bekasi sebaiknya adakan buka bersama di tempat asri yang mengusung konsep saung. Lokasinya yang cukup strategis dan luas cocok dijadikan tempat buka bersama.

Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Terletak di Jalan Abu Bakar, Setiadarma, Saung Wulan tawarkan pengalaman santap berbeda. Sesuai namanya, terdapat beberapa saung yang berdiri di atas sebuah kolam ikan.

Sebenarnya ada beberapa area santap di restoran ini. Mulai dari saung di atas kolam ikan, saung yang berjejer di samping kolam serta area santap seperti restoran pada umumnya yang berisi kursi dan meja kayu.

Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Kami memilih saung yang berada di atas kolam ikan. Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan asri dan suara air mengalir yang ada di dekat kolam. Serasa tak berada di Tambun.

Melihat buku menu, Saung Wulan tawarkan beragam olahan ikan air tawar dan seafood. Rata-rata diolah secara tradisional. Seperti gurame goreng, cumi saus Padang, hingga kepiting asam manis. Adapula menu Asia populer seperti tom yam, sapo tahu hingga udang lada hitam. Untuk sayuran, menu tradisional seperti karedok hingga kangkung hotplate bisa jadi pilihan.

Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Kami tertarik dengan menu unik bernama Gurame Goreng Hantu Petir (Rp 99. 000). Hidangan ini ternyata berisi gurame goreng yang disiram bumbu asam pedas dari potongan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat hingga perasan jeruk nipis.

Gurame yang digoreng hingga kering ini terasa asam segar dengan rasa pedas yang sedang. Tingkat kepedasannya tidak terlalu menggigit, justru terasa pedas segar. Terlebih saat daging gurame tebalnya dimakan dengan potongan cabe dan nasi pulen hangat. Nyam!

Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini

Sebagai pendamping Gurame Goreng Hantu Petir, kami turut memesan Udang Telur Asin (Rp 46.000). Salah satu menu andalan ini memiliki aroma gurih manis.

Daging udang goreng tepung terbalut saus telur asin. Saus telur asin buatan Saung Wulan terbilang unik. Tidak memakai pasta telur asin, melainkan cincangan telur asin yang dioseng dengan potongan cabe merah besar, daun bawang hingga bawang putih dan bawang merah.

Karenanya teksturnya tidak terlalu creamy namun terasa gurih khas telur asin dengan semburat rasa sedikit pedas. Menu ini wajib Anda coba saat berkunjung. Sebab daging udang yang cukup tebal manis sangat cocok dibalut saus telur asin racikan Saung Wulan.

Saung Wulan: Tersengat Pedasnya Gurame Goreng Hantu Petir Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Terakhir kami penasaran dengan cita rasa tom yam yang ada di sini. Seporsi Tom Yam Gong (Rp 43.000) yang ada diurutan pertama buku menu jadi sajian terakhir yang cukup memuaskan selera.

Olahan seafood ini tergolong memiliki porsi yang loyal. Isiannya berupa udang, potongan cumi, kerang hijau, daging ikan, dan daging ayam. Tom yam buatan Saung Wulan punya aroma seafood dan kuah asam yang amat menggoda.

Kuahnya memang tidak terlalu merah, bahkan cenderung kecokelatan. Rasanya gurih asam pedas. Menu ini sukses manjakan lidah.

Tak hanya bisa menyantap ragam sajian ikan air tawar hingga seafood enak, Anda dan si kecil juga bisa memberi makan ikan di kolam yang ada di Saung Wulan. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sini?

Saung Wulan
Jl Abu Bakar No.60, Setiadarma
Tambun Selatan, Bekasi
Telp: (021) 88337777

(dwa/odi)