Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih Segar

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 05 Apr 2018 11:30 WIB
Foto: dok. detikFood/ Lusiana Foto: dok. detikFood/ Lusiana
Jakarta - Pemancingan sekaligus rumah makan ini bisa jadi tempat ngumpul asyik. Bisa makan enak sambil mancing ikan langsung di kolamnya.

Di daerah kampung Sengkol, ada rumah makan yang unik. Rumah makan ini menjadi salah satu tempat favorit warga Tangerang dan sekitarnya. Karena dalam satu area, Anda dan keluarga bisa memancing, bermain dan juga makan enak.
Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih SegarFoto: dok. detikFood/ Lusiana
Seperti tempat makan dan pemancingan umumnya, di sini ada area makan di saung-saung dengan kolam. Ada juga tempat makan dengan meja dan kursi untuk acara formal.

Mengintip menu makanan, rupanya di sini kebanyakan adalah makanan rumahan dengan bahan dasar ikan dan seafood. Mulai dari ikan gurame, nila, patin serta lele yang bisa dimasak goreng kering, goreng tepung, saus Padang, asam manis, hingga saus mangga.

Ada juga pilihan lainnya seperti udang cah pete, ayam kremes, kerang hijau, sapo tahu, tumis kangkung hingga tumis buncis. Dan aneka minuman dingin serta hangat.
Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih SegarFoto: dok. detikFood/ Lusiana
Tak sabar mencicipnya, kami memesan gurame saus mangga seberat 600 gram (Rp 93.000) dan Sapo Tahu (Rp 30.454). Kami yakin gurame berasal dari kolam mereka.

Gurame utuh digoreng tepung terlihat renyah garing. Filletnya diiris tipis dan dibalut tepung lalu digreng kering. Disiram dengan saus merah oranye. Wuih! Aroma gurih wanginya menggelitik hidung!

Daging guramenya garing renyah. Sementara sausnya asam pedas manis. Tak ada irisan mangga muda yang ditambahkan, seperti lazimnya saus mangga. Mungkin saja mangga diblender bersama bumbu lainnya. Sehingga rasa asamnya kurang nendang lebih dominan rasa manis gurih. Kalau saja ditambah dengan serutan mangga muda di atasnya, pasti sajian ikan guarame ini lebih enak.
Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih SegarFoto: dok. detikFood/ Lusiana
Santap dengan nasi putih hangat dan jangan lupa padukan dengan lalapan dan sambal. Secara terpisah, Anda bisa memesan sambal terasi (Rp 11.818) dan sambal tempoyak (Rp 13.636). Keduanya sudah termasuk lalapan lengkap berupa kemangi, selada dan mentimun.

Sepertinya karakter sambal di sini memang tak ada yang pedas. Buktinya, sambal terasi yang berpenampakan merah namun rasanya tak terlalu pedas.Rasanya gurih dengan jejak pedas ringan dan semburat terasi yang kuat.

Sedangkan sambal tempoyaknya justru lebih pedas dibandingkan dengan sambal terasi. Racikan sambal dengan durian muda yang sudah terfermentasi ini aromanya sangat khas. Ternyata enak juga dinikmati dengan nasi putih hangat dan ikan gurame.

Baca juga: Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!
Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih SegarFoto: dok. detikFood/ Lusiana
Makan nasi tak lengkap tanpa sayuran. Bosan dengan tumis kangkung, kamipun mencoba sapo tahu ayam (Rp 30.454). Disajikan dalam porsi bertiga, sapo tahu berisi bokchoy, kacang kapri, wortel, potongan ayam, telur puyuh goreng serta egg tofu.

Sapo tahunya berkuah cokelat kental. Rasa gurih saus tiram dengan bawang putih, bawang bombay terasa seimbang. Karena disajikan dalam sapo, sajian ini masih terasa hangat hingga sendokan terakhir.
Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih SegarFoto: dok. detikFood/ Lusiana
Butuh yang segar? Langsung saja cicip es kelapa muda (Rp 16.087) langsung dari batoknya dan juga es burung wallet (Rp 19.091). Es burung wallet berisi serutan jelly, buah-buahan, selasih dan kelapa muda serut. Wah, sangat menyegarkan!

Kenyang menyantap hidangan lengkap. Kini saatnya menyewa alat pancing dan juga umpan ikan dengan harga Rp 25.000. Dan Anda bebas memancing di kolam ikan mas, nila, gurame dan juga patin. Ikan hasil pancingan bisa dibawa pulang.

Kalau mau uji adrenalin. Bisa memancing di kolam monster fish dengan ukuran super besar. Mampir yuk!

Lubana Sengkol
Jalan Hutama Karya KM. 1.5
Kp. Sengkol, Setu
Tangerang Selatan
Telp: 082113365177



(sob/odi)