Soto Nusantara Enak

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 13:30 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Sajian berkuah gurih ini enak dinikmati dengan beragam potongan daging. Bisa daging ayam atau daging sapi dengan tambahan sayur. Mana yang lebih enak?

Indonesia memiliki ragam soto yang banyak. Kuah kaldunya tak sama setiap jenisnya. Di Jakarta sampai Makassar punya soto yang terkenal enak dan sangat populer. Berikut ini beberapa jenis soto enak yang patut dicoba. Hati-hati ya ketagihan!

1. Soto Betawi

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Soto Betawi merupakan soto populer yang berasal dari Jakarta. Bukan hanya daging sapi, soto Betawi juga soto Betawi juga bisa dipadu dengan jerohan. Bumbu yang digunakan adalah santan, susu cair, daun jeruk hingga garam. Agar rasanya semakin mantap rempah juga ditambahkan ke dalamnya seperti kayu manis.

Kuah santan yang agak kental makin enak dinikmati hangat-hangat. Bisa dipadu dengan nasi putih hangat atau pun ketupat. Semakin nikmat, tambah juga dengan emping renyah dan potongan tomat serta kentang.

2. Soto Mie

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!Foto: Odilia WS

Soto mie merupakan hidangan berkuah kaldu dengan paduan mie putih dan kuning. Soto mie berasal dari dataran Sunda seperti Bogor dan Jawa Barat. Semangkuk soto mie biasanya berisi mie kuning, bihun, irisan kol, tomat, emping dan risol goreng. Supaya aromanya semakin sedap bisa juga ditambahkan dengan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Soto mie biasanya juga ditambah dengan potongan irisan daging gandik. Tanpa jeroan atau gajih. Sebelum disantap, kita bisa meraciknya dengan menambahkan sambal, garam, kecap, jeruk limau dan emping.

3. Soto Lamongan

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!Foto: Instagram

Soto ayam khas Lamongan, Jawa Timur ini memang banyak disukai. Soto Lamongan memiliki kuah kaldu yang berwarna kuning, ini lantaran sudah dicampurkan dengan bumbu kuning. Bumbunya terdiri dari bawang putih, kemiri, daun jeruk, serai, daun salam dan kunyit.

Soto ini disajikan lengkap dengan irisan kol, irisan tomat dan telur rebus. Selain diberi topping suwiran ayam, bisa juga ditambahkan dengan uritan. Berbeda dari soto lainnya, soto dari Lamongan ini juga diberi koya bubuk.

Koya bubuknya dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk halus. Koya ini membuat kuah soto Lamongan menjadi agak kental. Slurp!

Baca juga: Ini 5 Keunikan Soto Lamongan yang Bikin Aruna Ketagihan

4. Soto Padang

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!Foto: Instagram

Soto Padang dengan isian irisan daging sapi punya aroma yang harum. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kapulaga, jahe, kunyit dan merica. Soto Padang disajikan dengan beberapa pelengkap yaitu perkedel kentang, kerupuk merah, sambal rawit merah, suun, telur rebus dan seledri dan bawang merah.

5. Coto Makassar

Gurih dan Enak, 5 Jenis Soto Populer yang Wajib Dicoba!Foto: Istimewa

Coto Makassar yang berasal dari Sulawesi Selatan. Coto Makassar terbuat dari jeroan sapi yang direbus lama. Rebusan jeroan sapi ini dipadu dengan bumbu yang nikmat. Kuahnya berminyak dan kental makin enak dipadu dengan potongan daging dan jerohan.

Bisa dinikmati dengan buras sehingga lebih mengenyangkan. Enak!

Baca juga: Diadaptasi dari Kuliner China dan Diracik dengan Bumbu Lokal Jadi Sajian Unik (lus/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak