Rekomendasi Makan Siang

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan Siang

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 20 Jul 2018 12:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makan apa siang ini? Mau soto Betawi, soto Sulung atau soto ayam Ambengan. Semuanya legendaris dan punya citarasa yang enak. Apalagi dinikmati hangat-hangat.

Di Indonesia ada banyak sekali ragam soto yang enak. Semuanya memiliki rasa dan ciri khas yang berbeda. Sudah terbukti enak, di Jakarta banyak aneka soto yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Kuahnya yang gurih, bisa dinikmati bersama dengan nasi, aneka sate jerohan, sambal hingga kerupuk. Hmm, mantap!

1. Soto Sulung Koperia

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan SiangFoto: Dok. detikFood

Ini adalah soto khas Jawa Timur. Soto sulung berisi daging dan jerohan sapi yang empuk. Jerohannya berisi hati sapi, babat, usus dan daging sapi yang disiram dengan kuah soto kuning yang kental.

Apalagi ditambah dengan irisan seledri dan bawang merah goreng bikin soto makin sedap. Makin enak diberi kucuran jeruk nipis, kecap manis dan sambal rawit. Agar lebih mengenyangkan, nikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Berdiri sejak 20 tahun lalu, rumah makan ini memang jadi legendaris. Pencinta soto khas Jawa Timur wajib datang ke sini ya.

Soto Sulung Koperia
Jl. Radio Dalam Raya No. 45
Jakarta Selatan
Telp: (021) 27510670
Buka: 09.00 - 22.00 WIB

2. Soto Betawi Afung

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan SiangFoto: Detikfood

Bagi Anda yang sedang berada di kawasan Pecinan, soto Betawi legendaris ini wajib di coba. Sudah berdiri sejak tahun 982, pemiliknya adalah seorang keturunan China-Betawi. Soto Betawi dengan isian daging dan paru makin enak ditambah dengan emping, daun bawang hingga bawang goreng.

Disiram kuah santan, soto Betawi makin enak dibandrol dengan sumsum tulang. Aduh enaknya! Selain soto Betawi, ia juga menjual soto mie yang tak kalah enak.

Soto Betawi Afung
Gang Gloria
Glodok
Jakarta Barat
Telp: 021-6901496
Jam buka: 05.30-16.00

3. Soto Betawi Sambung Nikmat

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan SiangFoto: detikFood

Nah, ini dia rumah makan soto betawi legendaris yang enak. Rumah makan milik H. Ridwan ini punya kuah soto betawi dengan warna yang kemerahan. Berdiri sejak tahun 1980, semangkuk soto betawi ini diberi isian potongan daging sapi atau jeroohan yang royal dengan tambahan potongan tomat, kentang dan emping. Hmm, enak!

Tertarik mencoba?

Soto Betawi Sambung Nikmat
Jl. Ciputat Raya No. 2
Pondok Pinang, Jakarta Selatan

4. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan SiangFoto: Detikfood

Mengawali usahanya dengan berjualan soto ayam keliling, di tahun 1971, ia berjualan di Jalan Ambengan, Surabaya. Bisnisnya semakin berkembang dan membuka banyak cabang di berbagai daerah.

Pernah mendapat Street Food Masters of the Year pada World Street Food Congress 2013 di Singapura, mengalahkan jajanan kaki lima lain dari berbagai negara. Soto ayam khas Jawa Timur ini memang punya citarasa yang enak. Di dalamnya terdapat potongan daging ayam kampung, daging sapi, ati-ampela, telur rebus, dan suun. Nasi dan kerupuknya bisa dipesan terpisah. Mantap!

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli
Jl. Wolter Monginsidi No. 28
Jakarta Selatan
Telepon: 021-72793057

5. Soto Padang H. St. Mangkuto

Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan SiangFoto: detikfood

Sudah ada sejak tahun 1966, soto khas Padang ini punya citarasa enak. Soto Padang yang diracik dengan isian berupa daging renyah, soun, perkedel dengan paduan kuah gurih. Makin enak dinikmati bersama dengan kerupuk merah. Semangkuk soto Padang ini cukup membuat perut kenyang lho. Enak dan mantap.

Soto Padang H. St. Mangkuto

Jl. Pintu Air Raya No. 26
Pasar Baru
Jakarta
Telp: (021) 3857357

Baca juga: Menikmati Kelezatan Soto Betawi Legendaris di 5 Tempat Ini! (lus/odi)