Soto Sulung Koperia: Inilah Soto Sulung Legendaris yang Selalu Bikin Kangen

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 03 Jul 2015 14:47 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kangen dengan masakan Jawa Timur? ​Ada soto sulung berisi daging dan jeroan sapi yang empuk gurih. Atau soto ayam gaya Lamongan yang gurih mantap. Makin enak dinikmati dengan nasi hangat. Buka puasapun dijamin mengenyangkan!

Melewati daerah Radio Dalam, kami terjebak dengan kemacetan lalu lintas. Berjajar penjual makanan yang enak di sini, akan tetapi kali ini kami ingin mencicip sajian gurih berkuah ​gurih​.​ Karena bosan dengan hidangan gaya barat, hidangan tradisional paling menyenangkan.​

Soto Sulung Koperia menjadi salah satu destinasi kami untuk berbuka puasa. Tempatnya sangat sederhana, dan sulit terlihat walaupun berada tepat di pinggir jalan raya. Karena rumah makan ini dikelilingi oleh dinding dan kaca serta spanduk besar bertuliskan 'Soto Sulung Koperia'.

R​umah makan​ yang sudah ​ada sejak 20 tahun lebih ini terlihat mungil. Tempatnya agak tertutup dengan tambahan kipas angin sebagai penyejuk ruangan. Jajaran meja kayu dan kursinya mirip dengan rumah makan jaman dulu.

Melihat daftar menunya, ada berbagai sajian menu yang menggoda selera. Seperti soto sulung spesial, soto buntut, soto ayam dan juga rawon. Kami pun memesan soto sulung spesial (Rp 29.000) dan soto ayam (Rp 16.000). Tak terlalu lama menunggu dua porsi sajian berkuah ini mendarat di meja kami. Wah, aromanya tercium ​gurih menggelitik hidung​!

Seporsi soto sulung spesial disajikan dalam mangkuk putih berukuran besar. Tampilan kuah sotonya berwarna kuning pekat dengan jejak minyak di pinggir mangkuk. Terdapat isian yang komplet dan disaji​kan dalam porsi​ royal seperti hati sapi, paru, babat, usus dan daging sapi.

​Wah, jeroan sapinya ternyata empuk, enak dikunyah. Tak ada aroma anyir jeroan. Begitu juga dengan ​dagingnya terasa empuk ​dan lembut teksturnya. Ini pasti hasil perebusan dengan api kecil dan lama. Taburan irisan seledri dan bawang merah goreng bikin soto ini makin mantap sedapnya. ​

Berbeda dengan soto sulung, soto ayamnya tersaji dengan kuah yang cukup kental bercampur dengan koya. Berisi suun, suwiran ayam, irisan kol dan juga irisan daun bawang ​serta ​seledri. Ayamnya menggunakan daging ayam kampung sehingga warnanya agak kecoklatan dengan tekstur yang lebih berserat.

Kuahnya yang berwarna kuning keruh memiliki sedikit jejak minyak. ​Rupanya soto ini gaya Lamongan. Kaldu ayam yang gurih menjadi sedikit kental dan makin gurih dengan tambahan koya. Koya ini terbuat dari gilingan halus ebi dan kerupuk udang yang jadi ciri khas soto Lamongan.

Ditambah sedikit air jeruk nipis, kecap manis dan sambal rawit rasanya makin mantap. Ada semburat manis pedas di dalam kaldunya yang gurih wangi. ​Nasi hangat tak salah lagi jadi jodoh santapan soto enak ini. Untuk melengkapi sajian soto ini di setiap meja sudah tersedia kerupuk udang dan kerupuk kanji.

Seusai makan, Anda bisa menikmati sajian teh manis, jus buah hingga es jeruk yang segar. Sebaiknya jangan datang terlalu malam, karena jika Anda datang lebih dari jam delapan malam biasanya beberapa menunya sudah habis.​ U​ntuk Anda yang tinggal di sekitar wilayah Gandaria Utara dan Radio Dalam bisa memesan secara delivery order. ​Ayo mampir rek!​

Soto Sulung Koperia
Jl. Radio Dalam Raya No. 45
Jakarta Selatan
Telp: (021) 27510670
Buka: 09.00 - 22.00 WIB
Khusus ramadan: 11.00 - 21.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com