Sarapan Tradisional

Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Nov 2018 14:09 WIB
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional
Jakarta - Tiap daerah punya racikan unik dengan bahan lokal. Disajikan dengan kuah hangat dan harga yang terjangkau. Sedap mantap dan bikin kenyang.

Rata-rata soto memakai bahan sederhana, daging ayam, suun dan tauge. Kaldu berbumbu membuat soto jadi gurih enak. Dimakan dengan nasi dan aneka lauk jadi santapan pengisi energi di pagi hari yang lengkap.

Uniknya masing-masing daerah punya racikan soto yang unik dan berbeda sehingga selalu saja bikin ketagihan dan ingin mencicipinya kembali.

1. Soto Surabaya
Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan Foto: Muhammad Haitami/d'Traveler
Surabaya memang dikenal punya banyak kuliner yang tersohor, salah satunya soto. Masyarakat Surabaya punya soto ayam yang enak dan segar.

Tak hanya satu jenis soto, di Surabaya ada banyak jenis soto mulai soto gubeng, soto ambengan, soto sulung hingga soto lamongan.

Setiap soto ini memiliki ciri khas baik dari kuahnya hingga isiannya. Ada yang isiannya ayam seperti soto ambengan dan soto lamongan, namun ada juga yang menggunakan daging sapi seperti soto gubeng dan soto sulung.

Semua soto ini menghadirkan citarasa khas Jawa Timur yang kuat pada rasa gurih dan asin. Kuah soto ini mayoritas memiliki warna kuning yang dihasilkan dari kunyit sebagai campuran bumbunya.

Untuk jenis soto ayam seperti soto ambengan dan soto lamongan, biasanya ditambahkan taburan bubuk koya. Ini juga jadi satu ciri soto khas Surabayaan.

Di Surabaya, tidak sulit menemukan penjual soto saat pagi hari. Saking banyak pencintanya, ragam soto Surabaya pun jadi menu sarapan favorit di beberapa kota besar termasuk Jakarta.

Baca juga : Racikan Soto Legendaris di Jakarta Ini Cocok Buat Makan Siang

2. Soto Kudus
Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan Foto: Instagram
Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari kota Kudus, Jawa Tengah. Cara paling mudah mengenali soto ini adalah dari ukuran porsinya yang minimalis. Ya, soto Kudus identik disajikan dalam mangkuk porselin China yang mungil.

Isiannya ada ayam dan tauge, namun terkadang soto ini juga disajikan dengan irisan daging kerbau. Soto dengan daging kerbau merupakan sajian asli soto Kudus, namun sayangnya justru sudah agak sulit ditemukan.

Kalau mau merasakan soto Kudus dengan daging kerbau bisa mampir ke kedai soto Pak Ramidjan yang legendaris di Kudus.

Soto Kudus biasa ditambahkan irisan bawang putih goreng yang membuat soto semakin sedap dan beraroma. Soto Kudus juga biasa dimakan bersama paru goreng, sate telur puyuh, sate ati, perkedel dan tahu tempe goreng

3. Soto Semarang
Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan Foto: dok. detikFood
Jika melihat sekilas, soto Semarang mirip dengan soto Kudus dalam hal penyajian yakni menggunakan mangkuk kecil. Namun soto Semarang punya ciri lain yakni dihidangkan dengan isian soun, tauge dan suwiran ayam. Beberapa soto Semarang juga ditambahkan irisan tomat segar.

Soto Semarang juga makin lengkap dengan tambahan telur rebus dan irisan daun bawang. Taburannya ada bawang merah dan bawang putih goreng. Makin sedap tambah dengan sambal rawit, jeruk nipis dan kecap manis.

Soto Semarang ini punya sisi artistik dalam penyajian. Mangkuk yang digunakan adalah mangkuk porseline dengan sendok bebek sebagai alat makannya.

Ada beberapa kedai soto Semarang yang legendaris antara lain Soto Pak No, Soto Pak Man dan Soto Bangkong yang disajikan menggunakan daging ayam kampung.

4. Soto Bandung
Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan Foto: Instagram
Soto Bandung punya tampilan yang sederhana. Bahan dasarnya adalah daging sapi namun disajikan dengan kuah bening yang rasanya gurih.

Soto Bandung tak ditambahkan suun ataupun tauge, isiannya hanya irisan daging, tetelan, lobak dan tomat. Yang menjadi ciri khas lainnya yakni soto ditambahkan kacang kedelai goreng.

Soto tanpa santan ini biasa disantap bersama nasi putih. Cuaca Bandung yang sejuk membuat soto ini pas dinikmati hangat-hangat.

Di Bandung ada kedai soto yang terkenal legendaris yakni soto Bandung M. Tarya yang sudah ada sejak 1950-an. Kuah soto di sini terkenal gurih dan segar, terlebih tak ada semburat rasa pahit dari irisan lobaknya.

Baca juga : Yuk, Jajan Soto Betawi yang Sedap di 5 Tempat Makan Ini

5. Soto Banjar
Soto Banjar hingga Soto Semarang, Gurih Mantap Buat Sarapan Foto: Instagram
Tak hanya populer di pulau Jawa, soto juga terkenal di Kalimantan, salah satunya soto Banjar. Soto kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan juga sedap dinikmati sebagai menu sarapan.

Soto Banjar dikenal memiliki rasa kuah yang kuat akan rempah. Kuah kaldunya dibuat dengan tambahan rempah kayu manis, biji pala dan cengkeh.

Untuk membuatnya enak, bumbu awalnya ditumis dengan minyak goreng atau minyak samin lalu dibungkus dalam kantong kain bersama kaldu ayam. Karenanya kuah soto ini bening dan harum..

Soto Banjar berisi irisan ayam, kentang, telur bebek rebus dan ketupat. Tetapi banyak orang suka menyantap soto gurih ini dengan nasi hangat.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Sarapan Tradisional