Makan Apa Hari Ini

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 04 Des 2018 10:07 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Cuaca mendung begini enaknya makan sajian yang hangat dan berkuah. Seperti mie ayam atau soto Betawi dengan isian komplet. Sluurp!

Dari sekian banyak sajian tradisional, bakmi hingga soto jadi sajian berkuah paling populer. Dua sajian tadi selalu jadi buruan saat hujan turun. Selain bisa menghangatkan tubuh, keduanya punya rasa yang gurih enak.

Mie ayam juga sangat beragam pilihannya, ada mie ayam Bangka atau mie ayam kampung yang memuaskan. Belum lagi soto Betawi dan soto berkuah bening. Semuanya enak dimakan dengan nasi hangat.

Berikut 3 tempat makan yang punya bakmi dan soto berkuah segar sedap di sekitar Jakarta.

1. Mie Jamur Vilani

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!Foto: dok. detikFood
Tersedia di beberapa wilayah, Mie Jamur Vilani memiliki beragam sajian mie. Mulai dari mie ayam, mie goreng, kwetiau, bihun hingga mie godog. Nasi, sup, olahan seafood, ayam, sapi dan sayuran juga bisa ditemukan di sini. Selian itu, ada juga menu pangsit goreng, sapo tahu dan otak-otak goreng.

Mie Ayam Jamur Komplet (Rp 28.000) paling memuaskan porsinya. Mienya berwarna kuning pucat berbentuk pipih, memiliki tekstur yang lembut dan lentur sedang, terasa gurih ringan begitu dikunyah. Diberi topping jamur kancing, potongan ayam, sawi rebus serta satu pangsit goreng dan satu pangsit rebus. Juga kuah kaldu plus satu butir bakso terpisah sebagai pendamping.

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!Foto: dok. detikFood
Pencinta mie goreng juga tak boleh melewatkan menu Mie Goreng Spesial (Rp 32.000). Menu ini berisi mie pipih dengan potongan bakso ikan, telur orak-arik, sawi, kol, dan potongan daging ayam. Tak ketinggalan satu buah telur ceplok. Mantap!

Mie Jamur Vilani
Jl. Cipete Raya No 65B
Fatmawati, Jakarta Selatan

Jl Ceger Raya No 109
Bintaro, Tangerang

2. Bakmi Ayam Kampung Alek

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!Foto: dok. detikFood
Kedai bakmi yang satu ini menyediakan beragam pilihan bakmi enak. Mulai dari bakmi urat sapi plus sengkel, bakmi ayam kampung, bakmi cumi hitam, bakmi gyuniku roll hingga bakmi sirloin. Tapi Bakmi Ayam Kampung (Rp 38.000). Terdapat dua jenis mie yang bisa dipilih dalam menu ini yakni, mie keriting dan mie karet.

Mie keritingnya jadi primadona. Selain porsinya royal juga ada potongan dada ayam kampung. Tak ketinggalan tiga buah pangsit isi ayam dan beberapa potong sayuran hijau. Bakminya lembut dan ayam kampung gurih enak.

Jangan lewatkan juga Bakmi Urat Sapi plus Sengkel Sapi (Rp 55.000). Menu ini sama-sama berisi mie keriting dengan bumbu yang sama. Hanya saja memiliki daging urat plus sengkel sapi yang lembut. Dijamin manjakan selera!

Bakmi Ayam Kampung Alek
Jl Meruya Ilir Raya No 89
(Seberang Business Park)
Kebun Jeruk, Jakarta Barat

3. Soto Betawi Bang Ipul

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!Foto: dok. detikFood
Soto Betawi Bang Ipul punya beberapa pilihan soto, soto ayam, soto daging hingga soto babat. Ada dua jenis kuah yang bisa dipilih, kuah bening dan kuah santan.

Penyuka kuah santan jangan lupa mencicip Soto Daging Kuah Santan (Rp 28.000). Isiannya berupa potongan daging, kentang, potongan tomat, kerupuk melinjo, dan daun bawang. Kuah santannya sangat segar dengan harum pala dan kapulaga.

Sedangkan Soto Ayam Kuah Bening (Rp 20.000) memiliki kuah berwarna bening kecokelatan dengan semburat minyak yang tipis. Isiannya berupa irisan ayam, potongan kentang, potongan tomat, kerupuk melinjo, dan daun bawang.

Selain soto, kedai ini juga menyediakan urap, ayam penyet hingga ketupat sayur.

Soto Betawi Bang Ipul
Jl Duren Tiga Raya No 48
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Tak perlu repot keluar rumah untuk mencicip bakmi dan soto enak di tiga kedai di atas. Anda bisa memesannya lewat jasa layan antar makanan GO FOOD, DI SINI. Cukup tunggu dan duduk manis di rumah atau kantor, makanan akan diantar langsung ke tempat Anda.

Sluurp! Hangatnya Mie Ayam dan Soto Betawi di Sini!
(adr/odi)