Lauk Kering untuk Ramadan

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan Puasa

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 03 Mei 2018 18:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jelang puasa, tentu Anda bisa membuat stok aneka lauk kering untuk sahur. Dimakan dengan nasi hangat, kering tempe, teri, kentang hingga ikan kapas sudah enak.

Lauk kering memang tak pernah membosankan. Teksturnya yang kering dengan sensasi rasa gurih bisa dinikmati kapan saja dengan paduan nasi ataupun sayuran lain. Dimasak kering, aneka lauk ini bisa bertahan lama sehingga cocok dijadikan stok, terutama untuk sahur.

Berikut ini beberapa olahan lauk kering yang populer dan banyak jadi favorit. Cukup dimakan dengan nasi hangat, rasanya sudah enak dan bikin kenyang!

Baca juga: Teman Makan Nasi yang Praktis, Beragam dan Sedap

1. Kering tempe

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan PuasaFoto: detikFood

Tempe mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh. Jadi lauk sederhana, tempe bisa loh dijadikan stok untuk lauk kering. Tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dan ditambahkan dengan bumbu memiliki rasa yang gurih enak. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu siapkan bahan seperti tempe, cabai besar, bawang merah, bawang putih hingga daun salam.

Kemudian dipadukan bersama dengan bumbu yaitu gula jawa, gula pasir, bawang putih, garam dan air. Teksturnya kering dengan sensasi rasa gurih manis. Sajian lauk ini bisa bertahan beberapa hari di suhu ruang dalam stoples. Mau bikin di rumah? Klik resepnya di sini.

2. Kering teri kacang

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan PuasaFoto: detikfood

Kalau dikunyah teksturnya renyah dan rasanya gurih mantap. Teri tawar yang digoreng renyah bisa lho dipadu dengan kacang dan cabai goreng. Rasanya gurih dan cocok jadi teman makan nasi ataupun stok sahur nanti.

Dalam proses pembuatannya, Anda membutuhkan teri tawar, kacang tanah, cabai besar dan bawang merah. Kemudian dipadu dengan bumbu halus yang dibuat dari air, gula pasir, gula Jawa, cabai giling, garam dan bawang putih. Cara membuatnya juga tak sulit, Anda bisa lihat resepnya di sini.

3. Kering kentang

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan PuasaFoto: Istimewa

Potongan tipis kentang yang digoreng hingga kering bisa Anda padukan dengan bumbu yang gurih pedas. Makin enak dijadikan sebagai lauk pelengkap atau hanya dimakan dengan nasi hangat. Kering kentang dengan rasa gurih pedas ini juga bisa jadi teman makan mie hingga bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk.

Agar enak, sebaiknya iris kentang dengan tipis kemudian rendam dengan air selama 30 menit sebelum digoreng. Tertarik membuatnya di rumah? Anda bisa lihat resepnya di sini.

4. Kering ikan kapas

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan PuasaFoto: Dok. detikFood

Agar makan makin bergairah, sajikan olahan ikan asin yang satu ini. Ikan asin jenis kapas yang tipis sangat nikmat dipadu bersama dengan cabai hijau, rawit hijau hingga bawang merah dan bawang putih. Ikan asin kapas yang digoreng hingga garing memang sangat pas dipadu dengan lumuran sambal.

Simpan dalam wadah tertutup, sajian ini bisa jadi simpanan lauk untuk berbuka puasa atau pun sahur. Lihat resepnya di sini.

5. Kering udang pedas

Ini 5 Lauk Kering Populer yang Bisa Dibikin Buat Persiapan PuasaFoto: detikFood

Suka udang goreng? Udang yang renyah enak dibalut dengan bumbu cabai yang pedas menggigit. Pasti semua doyan dan cocok jadi paduan nasi putih. Apalagi aroma wangi yang berasal dari daun jeruk dapat menambah rasa sedap saat dinikmati dengan nasi hangat. Kalau tertarik membuatnya, langsung saja klik resepnya di sini.

Baca juga: Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting Ini (lus/odi)