Lauk Kering untuk Ramadan

Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Mei 2018 13:30 WIB
Foto: Odilia WS Foto: Odilia WS
Jakarta - Seringkali kering kentang lembek dan tidak renyah meski baru saja dibikin. Bisa jadi Anda melupakan beberapa hal sepele dalam proses pembuatannya.

Kering kentang merupakan salah satu jenis lauk kering berbahan kentang. Enak dipadukan dengan nasi putih dan bisa disimpan lama. Bisa juga dipadukan dengan bahan lain seperti ebi, cabe dan ikan teri.

Agar hasilnya garing, renyah dan tahan disimpan lama, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih kentang yang sedikit kadar airnya
Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting IniKentang berkualitas bagus akan hasilkan kering kentang yang renyah/Foto: iStock
Pilih kentang yang segar, keras dan permukaannya mulus. Usahakan juga memilih kentang yang agak besar agar lebih mudah saat dipotong. Kentang tes bisa jadi pilihan tepat untuk membuat kering kentang.

Baca juga : Yuk, Bikin Kering Kentang Pedas dengan 4 Langkah Ini

2. Iris kentang dengan ukuran sama besar
Kupas kentang dan buang mata kentangnya lalu cuci bersih. Kentang bisa dipotong melintang tipis segi empat atau sebesar batang korek api.
Bisa menggunakan alat serut kentang untuk menghasilkan ukuran yang sama tebalnya. Ukuran kentang yang sama besar membuat kentang matang bersamaan saat digoreng.

3. Rendam kentang dalam larutan air kapur sirih
Air kapur sirih membantu membuat kentang teksturnya renyah saat sudah digoreng. Tambahkan 1 sdm air kapur sirih dalam 2-3 liter air dan rendam kentang selama minimal 30 menit. Tiriskan kentang bilas kembali dengan air bersih.

4. Goreng dalam minyak banyak
Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting IniTeknik menggoreng deep frying bisa membuat kentang renyah/Foto: Istock
Untuk membuat kentang renyah, teknik menggorengnya harus dengan deep frying. Goreng kentang dalam minyak banyak dengan panas sedang hingga seluruh potongan kentang terendam minyak.

Biarkan kentang matang perlahan dan jangan terlalu sering mengaduknya. Saat sudah matang, tiriskan kentang hingga kering agar tidak banyak minyak yang menggenang.

Baca juga : Dari 5 Keripik Kentang Rasa BBQ, Mana yang Paling Enak?

5. Goreng bahan paduan hingga kering
Jika memakai paduan cabe merah yang diiris tipis, teri, kacang atau bawang merah goreng. Pastikan semua bahan digoreng kering secara terpisah. Ini untuk menjaga agar kering kentang dan bahan lainnya bisa tetap renyah meski sudah dibumbui.

6. Bumbu
Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting IniKering kentang yang sudah matang dan siap disimpan dalam wadah kedap udara/Foto: detikFood/iStock
Biasanya bumbu memakai campuran gula merah, gula putih, lengkuas dan daun salam serta air. Pastikan semua bahan ini dalam keadaan mendidih dan agak kental. Baru masukkan kentang dan bahan kering lainnya. Jika masih berair keripik kentang akan jadi lembek berminyak setelah dibumbui. (dvs/odi)