Lauk Kering untuk Ramadan

Teman Makan Nasi yang Praktis, Beragam dan Sedap

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 02 Mei 2018 14:00 WIB
Foto: Odilia WS
Jakarta - Olahan lauk kering yang enak, bisa jadi alternatif menu makanan praktis di bulan ramadan. Selain tahan lama, lauk kering juga memiliki sejarah yang panjang.

Lauk kering tak pernah membosankan. Bisa dimakan kapan saja dan rasanya yang gurih, pedas dan manis. Ada kentang, teri kacang, abon, hingga kering tempe. Lauk kering memang praktis dan mudah dinikmati kapan saja.

Baca Juga: Olah Daging Sisa Jadi Lauk Kering Ini Agar Tahan Lama!
Teman Makan Nasi yang Praktis, Beragam dan SedapFoto: iStock
Selain awet dan tahan lama, rasa dari olahan lauk kentang ini tetap enak apalagi jika dipadukan dengan nasi hangat. Olahan lauk kering umumnya dibuat sebagai bekal makanan praktis ketika merantau, yang bisa dinikmati kapan saja tanpa harus dihangatkan atau dimasak lagi.

Berbagai olahan lauk kering sering menjadi pilihan praktis di bulan ramadan, terutama ketika sahur atau di dalam perjalanan mudik. Selain populer di bulan puasa, lauk kering juga masih jadi pilihan utama sebagai bekal traveling. Orang Indonesia terutama saat berpergian ke luar negeri.

Meski belum jelas kapan dan di mana lauk kering pertama kali diciptakan, tapi lauk kering sudah ada sejak jaman dulu. Awalnya, lauk kering populer sebagai bekal perang dari para tentara yang pergi ke medan perang.

Kala itu, makanan yang akan dibawa ke medan perang harus ringan dan mudah dibawa, dan tetap bisa dikonsumsi setelah berminggu-minggu berada di bawah terik matahari.
Teman Makan Nasi yang Praktis, Beragam dan SedapFoto: iStock
Di kalangan militer, lauk kering sering disebut sebagai ransum. Menurut para tentara, makanan lembab merupakan tempat yang nyaman bagi bakteri, dan jamur untuk berkembang dibandingkan dengan makanan kering.

Puluhan tahun kemudian, popularitas lauk kering semakin meningkat, varian dan jenisnya pun semakin berkembang. Apalagi dengan budaya dan kuliner khas Indonesia yang sangat beragam.
Teman Makan Nasi yang Praktis, Beragam dan SedapFoto: iStock
Tidak hanya kering kentang atau tempe saja, tapi ada aneka lauk kering yang terbuat dari berbagai jenis ikan, dari daging seperti dendeng manis, hingga abon daging. Ada juga deretan lauk kering khas Minang seperti rendang telur dan dendeng balado. Tak ketinggalan aneka lauk kering suwir, seperti ayam suwir, cakalang suwir, dan daging suwir.

Karena sangat beragam jenisnya, lauk kering jadi andalan banyak orang di bulan puasa. Sebagai lauk andalan saat bersantap sahur.

Pada ulasan kali ini, detikFood akan membahas tentang serba-serbi lauk kering. Simak terus detikFood untuk mengikuti info lengkapnya!

Baca Juga: Enak dan Awet, 5 Makanan Kering Ini Bisa Dijadikan Bekal

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com