Bekal Mudik Praktis dan Enak

Enak dan Awet, 5 Makanan Kering Ini Bisa Dijadikan Bekal

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 02 Jul 2016 14:06 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di puncak arus mudik ini, kondisi jalanan tak bisa diprediksi. Jangan lupa siapkan selalu bekal agar puasa tetap lancar. Aneka lauk kering yang praktis, enak disantap dengan nasi.

Tempe, udang hingga ikan bilih ternyata bisa diolah kering. Sajian ini bisa dijadikan sebagai lauk untuk berbuka dan juga sahur. Cukup beli nasi hangat, lauk ini pasti terasa istimewa.

Berikut ini resep sajian lauk kering yang enak dari detikFood. Mau coba?

1. Kering tempe



Tempe goreng yang kaya protein ini walaupun disajikan sederhana tapi rasanya enak. Tempe yang renyah ini memiliki rasa gurih yang enak. Cocok dijadikan bekal sebagai pendamping nasi. Untuk membuatnya, Anda dapat klik resepnya di sini.

2. Kering kentang ikan asin



Potongan tipis kentang yang digoreng kering bisa Anda padukan dengan ikan asin kapas yang renyah. Rasanya gurih dan pedas sangat enak disantap dengan nasi putih. Lauk ini bisa dijadikan sebagai bekal untuk berbuka atau sahur saat diperjalanan. Mau coba? Lihat resepnya di sini.

3. Kering teri kacang



Teri tawar yang digoreng renyah bisa dipadukan dengan kacang serta cabai goreng. Rasanya yang gurih ternyata enak dan sangat cocok dijadikan bekal selama mudik. Sajian ini juga bisa menjadi lauk nasi hangat sedikit pedas, manis dan gurih. Cocok untuk lauk sahur ataupun berbuka. Sedap!

Untuk membuatnya, Anda dapat lihat proses pembuatannya di sini.

4. Kering ikan bilih kecombrang



Ikan bilih berbentuk kecil ini berasal dari Sumatra Barat. Teksturnya renyah dan rasanya gurih. Sangat enak ditumis dengan petai, potongan cabai dan kecombrang yang wangi. Gurih dan sedapnya pasti bikin Anda ketagihan! Klik resepnya di sini.

5. Kering udang pedas



Suka udang goreng? Udang yang renyah enak dibalut dengan bumbu cabai yang pedas menggigit. Apalagi aroma wangi yang berasal dari daun jeruk dapat menambah rasa sedap saat dinikmati dengan nasi hangat. Jika tertarik membuat, Anda dapat lihat resepnya di sini. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com